10 Jenis Alat Musik Ritmis Beserta Contoh dan Daerah Asalnya

Alat Musik Ritmis – Jika di beberapa artikel sebelumnya kita telah banyak memberikan informasi tentang alat musik tradisional maka kali ini kita akan membahas khusus tentang alat musik ritmis dan asal daerah nya. Alat musik berdasarkan sumber bunyinya dibagi menjadi bebrapa kategori seperti ideofon, aerofon, kordofon, membranofon dan elektrofon. Sedangkan alat musik berdasarkan cara memainkannya dibagi menjadi beberapa macam pula yaitu alat musik tiup, alat musik pukul, alat musik petik dan alat musik gesek.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Kesemua penjelasan mengenai masing-masing alat musik tadi, akan kita bahas dilain kesempatan. Lalu apa hubungannya dengan alat musik ritmis? Apakah anda juga pernah mendengar alat musik ritmis? atau bahkan sudah tahu apakah alat musik ritmis, serta contoh atau jenis jenis alat musik ritmis tadi??Oke langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Alat Musik Ritmis

Alat Musik Ritmis

Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki tinggi nada, akan tetapi hanya memiliki perbedaan tinggi bunyi untuk mengeluarkan irama. Alat musik ritmis tidak memiliki tangga nada seperti do re mi pa so la si do..  melainkan memiliki nada yang tetap. Dan fungsi dari alat musik ritmis adalah sebagai pengiring lagu dan pengatur tempo pada irama lagu.

Nah, setelah kita mengetahui penjelasan tentang alat musik ritmis, berikut ini akan kami sajikan beberapa contoh alat musik ritmis. Banyak sekali alat musik ritmis yang ada didunia ini, sebagian merupakan alat musik tradisional dan ada pula yang sifatnya sudah modern. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis beserta namanya baik yang tradisional maupun modern serta dari daerah asalnya, antara lain:

Contoh Alat Musik Ritmis

1. Drum.

Jenis alat musik ini pasti sudah tidak asing bagi saya dan anda. Drum termasuk kedalam jenis alat musik ritmis. Selain itu, drum juga dikelompokan para seniman ke alat musik perkusi. Cara memainkan alat musik ini biasanya dipukul dengan tangan atau menggunakan sebuah alat pemukul khusus. Orang yang memainkan drum disebut sebagai Drummer. Kebanyakan orang mengatakan bahwa alat musik drum ini berasal dari Cina.

2. Kendang.

Alat musik ritmis yang bernama kendang (gendang) ini juga dikenal dengan sebutan kendhang. Instrumen ini berfungsi dalam gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat yang salah satu fungsi utamanya adalah mengatur irama. Alat musik ritmis ini berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Barat.

3. Rebana.

Rebana dalam bahasa jawa disebut dengan “terbang” yaitu gendang berbentuk bundar dan pipih yang merupakan khas suku Melayu yang asal daerahnya dari Timur Tengah. Suku Melayu hanya mempopulerkan alat musik ini di Indonesia. Dan rebana masuk dalam jenis alat musik ritmis. Rebana dibuat dari perpaduan kayu dan kulit hewan yang dimainkan dengan cara di pukul menggunakan tangan.

4. Marakas.

Alat musik marakas masuk kategori alat musik ritmis yang cara memainkanya dengan diguncang-guncang. Alat musik ini terbuat dari labu kering berisi bijikering atau kerikil. Kabarnya marakas berasal dari Amerika Serikta.

5. Konga.

Alat musik ini dikelompokan dalam keluarga gendang dan termasuk kedalam jenis alat musik ritmis. Berbentuk hampi sama dengan gendang, namun yang membedakan bentuk dari konga ini lebih panjang dan ada keunikan tersendiri sehingga menjadi khas. Kayu adalah bahan yang dibuat untuk alat musik konga. Kulit hewan yang digunakan untuk permukaanya menghasilkan bunyi yang unik. Teknik memainkan alat musik dengan  cara dipukul menggunakan kedua tangan tanpa adanya alat bantu.

6. Tifa.

Tifa adalah nama alat musik tradisional dari Indonesia timur khususnya Maluku dan Papua. Alat musik tradisional yang satu ini termasuk alat musik ritmis yang terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya serta salah satu ujungnya ditutup dengan menggunakan kulit binatang. Kulit binatang yang digunakan untuk membuat tifa biasanya adalah kulit hewan rusa. Cara memainkan alat musik tifa hampir sama dengan kendang, yaitu dengan cara dipukul.

7. Triangle.

Triangle adalah salah satu alat musik ritmis modern yang berbentuk segitiga. Alat musik ini terbuat dari logam, baik baja maupun logam lainya dan diberi gantungan dari kawat atau nilon sebagai pegangan. Triangle bekerja dengan cara menghasilkan bunyi dari getaran seluruh badan instrument (idiofoni). Cara memainkanya yaitu dengan memukul sisi bagian dalam maupun luar triangle sehingga menghasilkan bunyi. Informasi yang kami dapat bahwa alat musik triangle ini berasal dari negara Peru.

8. Tamborin.

Tamborin Dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan, tamborin disepakati berjenis sebagai alat musik ritmis. Selain itu tamborin jika dimainkan menghasilkan suara gemricing yang dapat dipadukan dengan suara tabuhan dari bagian membranya. Menurut laman wikipedia, alat musik tamborin berasal dari eropa.

9. Simbal Tangan.

Simbal tangan Ialah sebuah alat musik yang telah dimainkan sejak zaman kuno. Dengan demikian jenisnya masuk kedalam alat musik ritmis tradisional. Alat musik simbal ini dimainkan dengan cara dipukul. Informasi yang kami temukan, bahwa alat musik simbal ini terkenal dari negara Turki.

10. Timpani.

Cara memainkan alat musik ini dengan cara memukul kepalanya dengan stik drum khusus. Timpani selain dikenal sebagai alat musik ritmis, juga masuk dalam keluarga perkusi. Alat untuk memukul timpani adalah stik timpani atau timpani mallet. Instrumen alat musik tersebut terdiri dari sebuah kulit yang disebut sebagai kepala yang dipakikan diatas sebuah mangkok besar yang secara tradisional terbuat dari tembaga.

Nah, Itulah tadi ulasan singkat mengenai Pengertian Alat Musik Ritmis Beserta Contoh dan Daerah Asalnya dan semoga bacaan diatas dapat membantu anda pembaca setia hargaalatmusik.info yang sedang mencari informasi mengenai alat musik ritmis.

10 Jenis Alat Musik Ritmis Beserta Contoh dan Daerah Asalnya | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*