Jenis Alat Musik Tradisional Betawi Jakarta dan Pengetian Singkat

Alat Musik Tradisional Betawi Jakarta – Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara Republik Indonesia. Budaya Jakarta merupakan budaya mestizo atau campuran budaya dari berbagai etnis. Sejak zaman dijajah Belanda, Jakarta sudah mempunyai daya Tarik dari luar nusantara. Suku yang mendiami Jakarta adalah suku betawi, sunda, jawa, batak, dan bugis. Selain penduduk dari nusantara budaya Jakarta juga banyak menyerap budaya dari luar negara misalnya budaya arab, tiongkok, india, dan portugis. Suku betawi adalah sebuah suku bangsa di Indonesia yang penduduknya umumnya mendiami Jakarta. Suku betawi merupakan suku asli dari Jakarta. Betawi memiliki lagu, tarian dan alat musik tradisional yang beragam.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Alat Musik Tradisional Betawi Jakarta sudah banyak di tinggalkan hal ini dikarenakan jarangnya generasi penerus bangsa yang memainkan alat musik tradisional, mereka kebanyakan bermain alat musik yang modern. Maka dari itu mulai dari sekarang kita harus melestarikan alat musik tradisional yang berasal dari daerah kita supaya tidak di klaim oleh negara-negara lain yang ingin memilikinya. Seperti halnya alat musik tradisional dari Provinsi Jakarta yang paling populer adalah Tajidor serta Gambang Kromong yang mulai dilupakan.

Berikut ini adalah beberapa jenis alat musik tradisional dari ibukota negara Indonesia yakni Jakarta yang perlu anda ketahui agar tidak melupakan seni budaya yang ada di daerah :

Alat Musik Tradisional Betawi Jakarta

1. Gambang.

alat musik gambang

Gambang adalah alat musik tradisional yang terdiri dari 18 bilah bambu. Bilahan gambang terdiri dari 18 buah yang terbuat dari kayu suangking, haru batu, menggarawan atau kayu jenis yang lain yang memilki suara empuk bila dipukul. Cara memainkan alat musik tradisional gambang adalah di pukul. Alat musik ini biasanya digunakan dalam kesenian gambang kromong betawi.

2. Gendang / Kendang.

Alat Musik Gendang

Gendang atau kendang adalah alat musik tradisional Jakarta yang terbuat dari kayu nangka, kelapa dan cempedak. Bahan Kulit kerbau sering digunakan untuk bam dalam alat musik ini, bam adalah permukaan bagian yang memancarkan ketukan nada yang rendah. Dan menggunakan kulit kambing untuk membuat chang, chang adalah permukaan luar yang memancarkan ketukan dengan nada yang tinggi. Cara memainkan alat musik gendang adalah dengan cara memukul permukaan kulit dengan telapak tangan.

3. Gender.

gender

Alat musik tradisional gender adalah alat musik pukul logam yang menjadi bagian dari alat musik jawa dan bali. Gender memiliki 10 sampai 14 bilah logam atau kuningan bernada yang digantungkan pada berkas di atas resonator dari bambu atau seng yang di ketuk dengan menggunakan pemukul yang berbentuk bundar berbilah dari kayu (Bali) atau kayu berlapis kain seperti pada Jawa. Nada yang dihasilkan oleh gender berbeda-beda tergantung tangga nada yang dipakai. Alat musik gender biasanya di pakai bersama alat musik lainnya pada pagelaran tari topeng betawi.

4. Gong.

Gong dan kempul

Gong merupakan alat musik tradisional dari Jakarta yang berupa alat musik pukul, instrumen (waditra) yang terbuat dari perunggu atau logam yang lainnya. Alat musik gong berbentuk bundar dan besar seperti kuali. Di dalam kesenian betawi instrumen gong juga tergabung dalam gambang rancag yang mengiringi tari topeng gong. Cara memainkan gong dipukul dengan alat pemukul yang empuk bunyinya sangat rendah dan bergelombang suara yang di gantung dengan menggunakan tali atau digayor. Waditra tersebut berfungsi sebagai tanda akhir kalimat lagu atau sebagai tanda pada bentuk-bentuk gending.

5. Kemong

Kemong adalah alat musik tradisional jakarta yang mengadopsi dari gamelan jawa atau sunda yang berbentuk seperti gong kecil, kemong ini merupakan salah satu bagian dari alat musik tradisional gambang kromong.

6. Kempul

Kempul juga merupakan salah satu perangkat gamelan yang cara mengunakannya dengan di tabuh, biasanya kempul ini digantung menjadi satu perangkat dengan gong. Kempul berbentuk mirip dengan gong tetapi bentuknya lebih kecil. Alat musik tradisional kempul berguna untuk menandai aksen-aksen penting dalam kalimat lagu atau gendhing.

7. Kecrek.

Kecrek

Alat musik tradisional dari Jakarta selanjutnya adalah kecrek, kecrek merupakan alat musik perkusi yang digunakan dalam seni perdalangan. Alat musik kecrek berfungsi sebagai alat pemberi isyarat segala macam aba-aba iringan maupun gerakan atau sikap wayang. Fungsi kecrek adalah sebagai penghias irama lagu. Kecrek yang terdapat dalam alat musik teater topeng betawi terbuat dari lempengan besi yang disusun di atas balok kayu dan di pukul dengan dua tongkat kayu yang kecil

8. Kromong atau Bonang.

Bonang kromong

Kromong merupakan alat musik tradisional yang di pukul bagian dari seperangkat alat musik gamelan jawa atau sunda. Kromong biasanya terbuat dari perunggu atau besi yang berjumlah sepuluh buah sumber suara yang berbentuk seperti mangkok, dengan setiap deret yang berjumlah 5 buah slendro sebagaimana dalam gamelan. Kromong adalah salah satu bagian dari alat musik orkes gambang kromong.

9. Ningnong.

Kenong ningnong

Alat musik tradisional selanjutnya adalah ningnong. Ningnong merupakan alat musik pukul yang terdiri dari dua buaf piringan logam berpencu dan berdiameter k.1.10 cm. alat musik ningnong ditempatkan pada bingkai kayu bertangkati satu. Fungsi dari ningnong adalah sebagai instrument pengatur irama. Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan tongkat besi kecil.

10. Rebab.

alat musik Rebab

Rebab adalah jenis alat musik senar yang digesek. Alat musik rebab tidak mempunyai tangga nada. Dalam mayarakat betawi rebab dikenal dengan rebab cina. Ukuran alat musik rebab ini biasanya kecil, dengan badan bulat bagian depan yang tercakup dalam suatu membran seperti kulit domba serta memiliki leher panjang yang terpasang.

Paling Banyak Dicari !!!

Nah itulah tadi ulasan mengenai bebrapa alat musik tradisional jakarta atau sering kita kenal dengan masyarakat betawi. Semoga pembahasan diatas dapat membantu anda dalam mencari jenis alat musik trdisional jakarta. Dan tentunya kami berharap lewat artikel ini pembaca hargaalatmusik.info bangga menjadi bagian dari masyarakat indonesia serta mau melestarikan kebudayaan di negara kita. Terimakasih

Jenis Alat Musik Tradisional Betawi Jakarta dan Pengetian Singkat | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*