12 Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat Beserta Pengertian

Alat Musik Tradisional Jawa Barat – Jawa Barat merupakan Provinsi yang terkenal dengan wisata alam dan paronama yang indah, akan tetapi beragam budaya dan tradisi leluhur wajib kita lestarikan bersama. Salah satunya adalah alat musik tradisional Jawa Barat. Banyak dari kita mungkin tidak mengetahui kalau beberapa alat musik tradisional Jawa Barat dikarenakan kurangnya minat dan tergerus oleh kemajuan teknologi khususnya dibidang musik. Maka dari itu di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat Agar kelestarian budaya kita tidak punah begitu saja.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Ada beberapa alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Jawa Barat yang menjadi bagian dari kekayaan Indonesia akan seni budaya. Diantaranya beberapa alat musik tradisional Jawa Barat baik itu yang masih eksis dan ataupun hampir punah. Berikut ini adalah beberapa alat musik tradisional jawa barat yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga saja informasi ini dapat memberikan pengetahuan bagi anda.

Alat Musik Tradisional Jawa Barat dan Cara Memainkannya

1. Arumba.

alat musik arumba

Arumba merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bambu, nama Arumba sendiri sebenarnya adalah singkatan dari alunan rumpun bambu. Dan pada awalnya alat musik tradisional Jawa Barat yang satu ini menggunakan pentatonis sebagai tangga nada yang ia hasilkan. Namun saat ini Arumba menggunakan nada diatonis.

2. Angklung.

alat musik Angklung

Saya yakin alat musik yang satu ini tidak asing lagi ditelinga kita. Iya, angklung adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bambu, sama seperti Arumba. Alat musik tradisional yang dipopulerkan oleh masyarakat suku Sunda Indonesia. Dan bambu merupakan bahan dasar utama dalam pembuatan alat musik jenis ini. Angklung adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara digoyang karena bunyi yang dihasilkan berasal dari benturan antara bambu tersebut. Untuk ukurang dari angklung ini sangat bermacam-macam, ada yang kecil dan ada pula yang besar. Sekarang alat musik jenis ini sudah populer diberbagai belahan dunia. Sangat bangga bukan, jadi warga negara Indonesia, hehehe.

3. Calung.

alat musik Calung

Hampir sama dengan Angklung, calung ini juga termasuk alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bambu juga. Namun biasanya bambu yang digunakan untuk membuat alat musik yang satu ini adalah bambu hitam dan ada juga yang terbuat dari bambu putih. Perbedaanya alat musik jenis ini dengan Angklung adalah alat musik Calung ini dimainkan dengan cara dipukul bagian ruas batang bambunya.

4. Celempung.

Alat Musik Celempung

Celempung adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari hinis bambu (kulit bambu) yang dimainkan dengan cara dipukul. Seperti halnya alat musik tradisional karinding. Pukulan pada hinis bambu pada elempung akan menghasilkan resonansi bunyi yang indah. Tapi jenis alat musik ini sekarang sudah tidak kita jumpai atau sudah hampir punah.

5. Gendang.

Alat Musik Gendang

Siapa sih yang tidak mengenal alat musik yang satu ini, gendang merupakan alat musik yang menyebar sangat luas diberbagai Provinsi yang ada di Indonesia. Seperti pada umunya yang kita ketahui bahwa gendang adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari kayu yang dibentuk seperti tong dengan kulit yang diregangkan dikedua ujungnya. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul hingga mengeluarkan bunyi yang khas. Dan kulit yang biasanya digunakan untuk membuat gendang ini adalah kulit sapi, kulit kambing dan kulit kerbau.

6. Jenglong.

Alat Musik Jenglong

Jenglong adalah instrumen musik dari daerah jawa barat yang berfungsi sebagai kerangka lagu dan pembuat nada dasar. Cara memainkan alat musik jenis ini adalah dengan dipukul menggunakan alat pukul empuk. Jenglong terbuat dar bahan dasar perunggu, kuningan atau besi. Sedangkan alat pemukulnya terbuat dari kayu yang berbentuk lurus pada ujungnya dibalut dengan rajutan benang wol.

7. Jentreng.

Alat Musik Jentreng

Jentreng adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dan ditoel (disentuh). Alat musik ini mirip dengan kecapi akan tetapi ukuranya lebih kecil dan hanya memiliki 7 buah senar. Alat musik ini biasanya dibuat dari kayu kembang kenanga atau dari kayu nangka.

8. Kecapi.

alat musik kecapi

Kecapi merupakan alat musik utama dalam tembang sunda atau mamaos cianjuran. Alat musik tradisional yang satu ini merupakan salah satu icon dari Jawa Barat. Jenis alat musik ini dipergunakan dengan cara dipetik. Alat musik kecapi dapat ditemui hampir diseluruh wilayah di Jawa Barat. Dan sampai saat ini alat musik kecapi masih sering dipergunakan dan dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya orang sunda.

9. Karinding.

alat musik Karinding

Karinding ini berasal dari beberapa tempat di Jawa Barat seperti dari Tasikmalaya, Pasir mukti Garut, Cianjur dan beberapa tempat lainya. Didaerah tadi biasanya alat musik tradisional karinding ini dibuat dari pelepah kawung (pohon aren). Sedangkan beberapa tempat lainya seperti di Limbangan dan Cililin, kebanyakan alat musik ini dibuat dari bambu.

10. Rebab.

alat musik Rebab

Rebab Adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang dimainkan dengan cara mengesek dua buah senarnya. Rebab terbuat dari kayu dan untuk menggetarkan suaranya ditutup dengan kulit tipis yang memiliki tangga pentatonis.

11. Suling.

alat musik Suling

Suling merupakan alat musik tradisional yang dapat ditemui dihampir seluruh provinsi di Indonesia. Akan tetapi suling dari jawa barat memiliki bentuk dan suara yang unik apabila dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu sunda. Alat musik jawa Barat yang satu ini dibuat dari bambu dan cara memainkan denga cara ditiup. Jenis alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi jenis musik tradisional Jawa Barat.

12. Tarawangsa.

Tarawangsa

Tarawangsa adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang dimainkan denga cara digesek. Alat musik jenis ini keberadaanya lebih tua dari alat musik jenis rebab. Terbukti alat musik tradisional tarawangsa disebutkan dalam naskah kuno abad ke 18 sewaka drama. Walaupun alat musik ini memiliki 2 dawai, namun hanya satu dawai saja yang dibunyikan dengan cara digesek. Selebihnya dawai tersebut dibunyikan dengan dipetik menggunakan jari telunjuk tangan kiri. Alat musik yang satu ini sering dimainkan dengan diiringi oleh alat musik sejenis kecapi yang disebut jentreng.

Nah , Demikianlah 12 alat musik tradisional Jawa Barat yang dapat kami rangkum dan sajikan untuk Anda di hargaalatmusik.info. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan tentunya dapat menumbuhkan kebanggan untuk kita dan tidak malu akan kesenian budaya yang ada di Indonesia. Terimakasih

12 Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat Beserta Pengertian | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*