Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah dan Penjelasan Singkat

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah – Jawa tengah adalah sebuah provinsi indonesia yang terletak dibagian tengah pulau jawa. Dan ibu kotanya adalah Semarang. Pengertian jawa tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah daerah istimewa jogjakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai “ jantung ’’budaya jawa. Meskipun demikian di Provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan jawa barat.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Tapi pada artikel ini kami tidak membahas review tata letak Provinsi Jawa tengah. Melainkan yang akan kita bahas adalah alat musik tradisional jawa tengah. Banyak sekali alat musik tradisional yang dapat kita temukan di Jawa Tengah. Kegemaran masyarakat serta kepedulian pemerintah daerah atas kesenian daerah menjadi salah satu penentu terpeliharanya kebudayaan dan kearifan lokal dari Provinsi ini.

alat musik tradisional

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

1. Demung.

Demung
Demung adalah salah satu instrumen gamelan yang terasuk keluarga balungan. Demung merupakan saron yang berukuran besar. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus. Ada 2 jenis demung yang biasanya dimainkan, yaitu demung slendro dan demung pelog. Perbedaan keduanya terletak pada ukuran dari demung dan suara yang dihasilkan. Demung menghasilkan nada dengan oktaf terendah dalam keluarga balungan, dengan ukuran fisik yang lebih besar. Demung memiliki wilahan yang relatif lebih tipis namun lebih lebar dari pada wilahan saron, sehingga nada yang dihasilkanya lebih rendah. Tabuh demung biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu, lebih besar dan lebih berat dari pada tubuh saron.

2. Gamelan

Gamelan

Kata gamelan sendiri berasal dari bahasa jawa gamel yang berarti memukul atau menabuh, di ikuti akhiran an yang menjadikanya kata benda. Gamelan merupakan ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumenya atu alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Irama musik umunya lembut dan mencerminkan keselarasan hidup, sebagaimana prinsip hidup orang yang dianut pada umunya oleh masyarakat jawa.

3. Gambang.

Gambang

Gambang adalah alat musik tradisional jawa tengah yang terbuat dari bahan kayu dan difungsikan sebagai parengra lagu. Instrumen ini berebentuk rangkaian 20 bilah nada dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tabung khusus. Irama gambang bisa menghasilkan irama do re mi fa so la si do.

4. Kendang.

Alat Musik Gendang

Alat musik jenis ini merupakan instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang cara memainkanya menggunakan tangan, tanpa menggunakan alat bantu. Bahan yang digunakan membuat kendang Jawa Tengah adalah kayu nangka, kelapa atau cempedak, kulit kerbau, kulit sapi, kulit kambing dan rotan. Adapun jenis – jenis kendang yang perlu anda ketahui, sebagai berikut.

  • Jenis kendang yang kecil atau disebut dengan ketipung
  • Jenis kendang yang sedang atau menengah biasanya disebut dengan kendang ciblon / kebar.
  • Pasangan ketipung ada satu lagi bernama gendang gedhe biasanya disebut dengan gendang kalih.
Baca Juga : Alat Musik Tradisional Madura Beserta Penjelan Singkat

5. Saron.

Saron

Alat musik saron merupakan salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan yang biasanya digunakan untuk mengiring lagu tradisional Jawa Tengah. Nama lain dari saron adalah ricik. Alat musik ini cara memainkanya dengan dipukul menggunakan alat bantu yang bentuknya seperti palu. Bahan untuk membuat tabuh saron adalah kayu.

6. Bonang.

Bonang

Bonang adalah alat musik tradisonal jawa timur yang digunakan juga di Jawa Tengah yang dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul khusus. Jenis alat musik ini terbuat dari perunggu, besi dan kuningan. Dalam gamelan Jawa dikenal istilah bonang barung dan bonang penerus. Perbedaan ke dua bonang tadalah dari segi ukaran dan fungsi ke dua bonag tersebut. Bonang barung berukuran lebih besar dan beroktaf tengah hingga tinggi, dan berfungsi sebagai pembuka dan penuntun dari sebuah lagu. Sedangkan bonang penerus berukuran lebih kecil dan beroktaf tinggi dimainkan dengan kecepatan 2 kali lebih cepat dari pada bonang barung.

7. Kenong.

Kenong

Merupaka alat musik tradisional Jawa Tengah yang berfungsi sebagai penentu batas gatra dan penerus irama. Kenong dimainkan dengan cara dipukul. Bentuk dari jenis alat musik ini hampir sama dengan bonang, hanya saja ukuranya lebih besar. Alat ini dipukul menggunakan alat bantu yang terbuat dari kayu dengan lilitan kain.

8. Slenthem.

Slenthem

Adalah salah satu instrumen atau alat musik tradisional Jawa Tengah yang terdiri dari lembaran lebar logam tipis yang diuntai dengan tali dan rentangkan diatas tabung – tabung. Alat ini dibunyikan dengan cara dipukul dan menghasilkan dengungan rendah atau gema yang mengikuti nada saron, ricik dan balungan.

9. Gong dan Kempul.

Gong dan kempul

Gong dan kempul adalah alat musik tardisional Jawa Tengah yang terbuat dari timah dan tembaga. Jenis alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Rangkaian instrumen gong terdiri dari kempul, gong suwukan, gong ber laras barang, dan gong besar (ageng) yang ditata pada gayor yaitu tempat untuk menggantung kempul dan gong.

Baca Juga : 12 Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat Beserta Pengertian

10. Siter.

Siter

Adalah alat musik yang sumber bunyinya adalah dari string (kawat). Teknik menabuhnya dengan cara dipetik. Jenis instrumen ini di lihat dari bentuk dan warna bunyinya ada 3 macam, yaitu siter, siter penerus (ukuranya lebih kecil dari pada siter), dan clempung (ukuranya lebih besar dari pada siter).

11. Suling.

alat musik Suling

Jenis alat musik tradisional dari Jawa Tengah yang dipergunakan dalam set gamelan lainya adalah suling. Suling atau paralon yang diberi lubang sebagai penentu nada atau laras. Pada salah satu ujungnya yaitu bagian yang ditiup melekat di bibir diberi lapisan tutup dinamakan jamangan yang berfungsi untuk mengalirkan udara sehingga menimbulkan getaran udara yang menimbulkan bunyi atau suara adapun teknik membunyikan dengan cara di tiup.

12. Gender.

gender

Gender merupakan alat pukul logam yang menjadi perangkat gamelan jawa dan bali. Alat ini memiliki 10 sampai 14 bilah logam (kuningan) bernada yang digantungkan pada berkas, diatas resonator dari bambu atau seng, dan diketuk dengan pemukul berbentuk bundaran berbilah dari kayu (bali) atau kayu pelapis kain (jawa). Nadanya sangat berbeda-beda tergantung tangga nada yang dipakai.

Demikianlah informasi mengenai alat musik tradisional jawa tengah yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan anda dalam seni atau budaya yang ada indonesia. Terimah kasih…

Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah dan Penjelasan Singkat | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*