6 Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Timur dan Cara Memainkannya

6 Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Timur dan Cara Memainkan – Anda sedang mencari informasi tentang alat musik tradisional Jawa Timur dan bagaimana cara memainkanya ? berikut ini akan kami sajikan artikel mengenai Alat musik tradisional Jawa Timur yang kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Jawa timur Selain memiliki penduduk terbanyak ke 2 di Indonesia, Jawa Timur juga kental dengan tradisi budayanya. Aneka macam kesenian yang sangat populer asal Jawa Timur, diantaranya bahkan pernah diklaim oleh negara tetangga seperti tarian tradisional jawa timur. Tetapi akhrinya semua orang dunia mengakui bahwa kesenian reog mereupakan kesenian dari indonesia yang berasal dari Provinsi Jawa Timur atau lebih tepatya di Ponorogo. Selain terkenal kesenian reognya Jawa Timur juga terkenal dengan pakaian daerah jawa timur yang indah dan yang penting adalah alat musik tradisionalnya.

Dibawah ini adalah beberapa jenis alat musik tradisional dari jawa timur dan cara memainkanyaDan yang perlu anda ketahui jenis alat musik tradisional Jawa Timur ini memiliki karateristik tersendiri jika dibandingkan dengan alat musik tadisional dari daerah lain.

1. Angklung reog.

Angklung reog

Angklung reog Merupakan jenis alat musik dari Provinsi Jawa Timur yang digunakan untuk mengiringi tarian reog ponorogo. Angklung reog ini memiliki ciri khas dari segi suara yang sangat keras saat dimainkan. Memiliki dua nada serta bentuk lengkungan rotan dibagian atas yang menarik dengan hiasan – hiasan benang berumbai – rumbai warna yang indah. Alat musik ini cara memainkanya yaitu dengan cara membenturkan antara bambu dengan cuthik yang berfungsi sebagai resonator. Angklung dari daerah Ponorogo ini berbeda dengan angklung dari daerah lainya. Angklung Ponorogo memiliki khas hiasan warna dominan merah dan kuning sebagai warna khas reog ponorogo.

2. Terompet reog.

Terompet reog

Sesuai dengan namanya, alat musik tradisional dari jawa timur ini dipergunakan untuk mengiringi musik reog pada pertunjukan reog Ponorogo. Terompet reog atau selompret ini dipergunakan bersama alat musiklainya tradisional jawa timur lainya seperti kendhang, gong, angklung reog, kethuk, kempol, dan kenong. Terompet reog yang digunakan pada kesenian reog Ponorogo ini memiliki ciri khas bentuk dan bunyi yang unik. Terompet reog ini terbuat dari kayu dan bambu serta tempurug kelapa. Cara memainkan terompet reog yaitu dengan cara ditiup. Bentuk terompet reog ini sangat unik dengan ukuran besar diujung bawah dan mengerucut mengecil dibagian yang ditiup serta ada sekat yang terbuat dari tempurung kelapa dengan bentuk yang menyerupai kumis sang peniup terompet reog tersebut. Terompet reog memiliki 6 lubang yang berfungsi untuk mengatur nada serta 1 lubang dipakai untuk meniup.

3. Saronen.

Alat musik Saronen

Berdasarkan sejarah, pada mulanya alat musik saronen ini adalah instrumen yang dipakai sebagai media dakwah untuk mengajak masyarakat memeluk agama islam. Kegiata tersebut dilakukan oleh cicit dari sunan kudus, yakni kiyai khotib. Saronen ini cara memainkanya yaitu dengan cara ditiup, hampir sama dengan terompet yang terdiri dari 6 kubang pengatur nada bejajar kayaknya lubang pada suling. Yang membedakan dengan suling yaitu, tempat tiupnya dibuat tempat tiup yang berbentuk kumis yang terbuat dari batok kelapa, dan tubuh alat musik tersebut terbuat dari kayu jati pilihan.

Baca Juga :

4. Gamelan.

Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisional jawa timur yang cara dimainkan dengan cara berbeda – beda, disesuaikan dengan bentuk gamelan itu sendiri. Singkatnya, cara memainkan alat musik tersebut terbagi dalam empat kelompok, berikut ini pemamaparanya menurut informasi yang kami dapat.

  • Idhipiones yaitu instrumen alat musik yang cara memainkanya dengan cara dipukul atau ditabuh menggunakan alat pukul. Gamelan yang cara memainkanya dengan dipukul adalah semua gamelan yang berbentuk pencon (pencu) dan bilahan.
  • Aerophones adalah jenis instrumen alat musik yang cara memainkanya dengan cara diitiup. Contohnya adalah seruling.
  • Chordophones adalah jenis instrumen alat musik yang terbuat dari kawat dan cara memainkanya dengan cara digesek. Contohnya adalah celempung, siliter dan rebab.
  • Membranophones adalah jenis instrumen alat musik yang terbuat dari kulit binatang dan cara memainkanya dengan ditabuh. Contohnya adalah bedug, gendang dan rebana.
    Maka dari itu alat musik yang satu ini banyak peminatnya. Dalam ruang lingkup manca negara atau dalam negeri sendiri.

5. Bonang.

Bonang

Bonang Jika dilihat dari bentuknya, bonang hampir mirip samaseperti alat musik gamelan, alat musik tradisional jawa tengah. Namun yang membedakan adalah bonang mirip dengan cerak atau pot. Keunikan dari alat musik yang satu ini sendiri adalah memiliki poros yang cembung pada bagian tengahnyasebagai pusat untuk dipukul. Bonang juga biasa dimainkan dengan gamelan khas jawa timur pada suatu acara – acara. Bonang merupakan alat musik yang sangat terkenal dipedesaan maupun perkotaan, karena alat musik ini cara memainkanya tidak begitu sulit yaitu dengan cara dipukul. Bagian mana yang dipukul ? pada bagian atas yang menonjol atai disebut dengan pencon. Dengan menggunkana dua pemukul khusus yang terbuat dari tongkat berlapis yang diesbut dengan sebutan bindhi. Alat musik bonang tertbagi menjadi dua yaitu bonang barung dan bonang penerus. Konon katanya alat musik jenis ini merupakan instrumen melodi terkemuka di Degung gamelan sunda.

6. Kendang.

Alat Musik Gendang

Untuk kesenian reog, kendang yang digunakan ada dua yaitu kendang besar dan kendang yang paling kecil. Perbedaan peran kendang juga dimiliki antara jawa timur dengan jawa tengah. Di jawa timur kendang berperan sebagai penentu gerakan tarian tapi di Jawa Tengah kendang berperan sebagai penentu berubahnya rincikan gendhing.

Demikianlah uraian yang terkait macam-macam alat musik tradisional yang berasal dari jawa timur. Terkait gambar dan penjelasanya serta cara memainkanya. Jika ada yang kurang jelas dalam penyampainya mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimah kasih dan Semoga bermanfaat untuk anda semua.

source : hargaalatmusik.info

6 Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Timur dan Cara Memainkannya | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*