Alat Musik Tradisional Madura Beserta Penjelasan Singkat

Alat musik tradisional Madura – Alat musik tradisional Madura mencangkup gambarnya, fungsinya dan penjelasanya, cara memainkanya dan keteranganya disajikan secara lengkap untuk anda. Informasi ini dijamin membantu anda guna menyelesaikan tugas sekolah, tugas kampus atau sekedar menambah wawasan anda di bidang seni dan budaya Indonesia yang semakin hari semakin sedikit orang yang mau mempelajarinya. Mengapa, entahlah?

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Sebelumnya kami sudah membahas tentang alat musik tradisional Jawa Barat, alat musik tradisional Jawa Timur. Tak cukup itu saja kami juga membahas alat musik tradisional dari berbagai Propinsi yang ada di Indonesia. Maka pada kesempatan kali ini saya juga akan membahas tentang alat musik tradisional juga, dari satu wilayah yang memiliki wisata pantainya yang indah yaitu pulau Madura.

alat musik tradisional

Alat musik tradisional Madura – Pulau Madura adalah nama pulau yang terletak disebelah timur laut Jawa Timur. Jembatan terpanjang di asia tengara yaitu suramadu merupakan icon dari pulau Madura. Jembatan tersebut pintu masuk utama menuju Madura melalui jalur darat. Selain itu untuk menuju pulau ini bisa dilalui dari jalur laut ataupun udara. Pulau ini didiami oleh suku Madura yang merupakan salah satu etnis suku dengan populasi terbesar di Indonesia, jumlahnya sekitar 20 juta jiwa. Madura merupakan pulau kecil yang kaya dengan kesenian dan budaya lokal, Madura terdiri dari empat kabupaten. Yaitu kabupaten Bangkalan, kabupaten Sampang, kabupaten Pamekasan dan kabupatan Sumenep.

Pada masing – masing kabupaten tersebut mempunyai kekayaan di bidang seni yang berbeda – beda. Kabupaten Sumenep sampai saat ini terkenal dengan kota budayanya di Madura karena disana terdapat banyak jenis seni – budaya yang terus berkembang misalnya tari tradisional, ludruk, macopat, topeng dan masih banyak yang lainya. Bagi masyarakat Madura bulang Agustus hingga bulan September adalah bulan yang sangat di tunggu – tunggu, karena saat inilah mereka panen raya tembakau. Meskipun harga tembakau anjlok tetapi warga masyarakat Madura tetap mensyukurinya. Mereka mengelar pagelaran seni yang menampilkan berbagai kesenian khas madura hingga karapan sapi. Untuk mengiringi kesenian tersebut para masyarakat menggunakan berbagai jenis alat musik tardisional Madura.

Baca Juga : 12 Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat Beserta Pengertian

Dibawah ini adalah alat musik tradisional Madura dan cara memainkanya yang dapat kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya. Dan jenis alat musik tradisional Madura ini memiliki karateristik tersendiri jika dibandingkan dengan alat musik tadisional dari daerah lain.

1. Saronen.

Alat musik Saronen

Saronen Adalah alat musik rakyat yang tumbuh dan berkembang dimasyrakat Madura. Harmonisasi yang dinamis, rancak dan bertema keriangan dari bunyi yang dihasilkan memang dipadukan dengan karateristik dan identitas masyarakat Madura yang tegas, polos, dan sangat terbuka mengilhami penciptanya. Saronen ini berasal dari kata Madura “ senenan ” yang artinya dalam bahasa indonesia yaitu hari senin. Saronen biasanya terbuat dari kayu jati, dengan panjang 40 sentimeter. Secara fisik saronen berbentuk kerucut yang memiliki tujuh lubang. Enam lubang berderet di depan serta satu lubang berada di bagian belakang badan saronen.

Pada bagian badan saronen, terdapat pula gelang – gelang kuningan kecil yang berfungsi sebagai penghubung antara bagian kayu dengan bagian besi baja tahan karat. Uniknya, pada bagian pangkal yakni tempat untuk meniup terbuat dari daun aren. Tak hanya itu pada bagian ini juga terdapat sebuah sayap yang terbuat dari tempurung kelapa yang dibentuk seperti kumis peniup saronen. Saronen biasanya dimainkan dalam sebuah grup musik yang terdiri dari berbagai alat musik seperti kendhang, kenol, kempul, ketuk, dan gong.

Saronen memiliki karakter yang nyaring, melengking parau, dan meliuk – liuk. Dalam permainan grup musik saronen dimainkan secara spontan tanpa terikat pada suatu pola dasar permainan tertentu. Dan biasanya alat musik saronen, madura ini dimainkan pada saat pertandingan karapan sapi atau pertandingan kecantikan sapi betina serta pada acara arak – arakan adat. Eksitensi jenis alat musik ini yang sangat terkenal di Madura dan sangat populer. Saronen juga sangat populer di kawasan pantai utara jawa timur yang mayoritas penduduknya masih berdarah Madura.

2. Tong tong.

Alat musik tong tong

Tong tong Merupakan jenis alat musik tradisional dari Madura yang terbuat dari kayu dan bambu dan biasanya dimainkan bersama alat musik lain. Jenis alat musik ini pada awalnya dimainkan sebagai penggugah sahur (bangunin orang sahur pada bulan ramadhan). Alat musik utama dari Tong tong ini adalah kentongan. Pada awalnya musik ini hanya terdiri dari tiga nada, yakni nada tinggi, nada rendah dan nada sedang. Kemudian musik ini berkembang dan dimainkan bersama alat musik lainya. Namun, cara memainkanya tetap keras bertalu – talu dengan dipukul menggunakan kayu.

3. Togtog Ta’al.

togtog ta’al

Pohon siwalan tak hanya menghasilkan nira legen dan gula siwalan saja. Pohon siwalan yang dalam bahasa Inggris disebut lontar palm juga menghasilkan alat musik tradisional khas madura yakni togtog ta’al. Bupati Pamekasan, Khalilurrahman, menyatakan alat musik tradisional togtog ta’al sudah secara resmi diajukan ke Ditjen Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kemenhumham untuk dicatatkan sebagai alat musik tradisional asli dan khas Madura. Alat musik jenis ini menghasilkan suara tog .. tog pada saat dipukul dengan stik bambu. Sedangkan ta’al adalah nama buah siwalan dalam bahasa madura. Maka jadilah btogtog ta’al dijadikan nama resmi alat musik perkusi ini.

Baca Juga : Tips Jitu Membuat Suara String Gitar Nyaring

nah, itulah beberapa alat musik tadisional Madura dan penjelasanya yang dapat kami sampaikan. Jika suatu saat anda berwisata ke pulau Madura, saya yakin anda akan menemukan satu atau lebih alat musik diatas, mengingat hingga kini kesemua alat musik tersebut masih sering dimainkan oleh masyarakatnya. Terimah kasih dan Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Alat Musik Tradisional Madura Beserta Penjelasan Singkat | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*