ALATMUSIK

10 Jenis Alat Musik Tradisional Negara Malaysia dan Keterangannya

Alat Musik Tradisional Negara Malaysia dan Keterangannya Malaysia adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan. Jumlah penduduk negara ini melebihi 27 juta jiwa. Malaysia juga kental dengan tradisi budayanya. Aneka macam kesenian yang sangat populer asal malaysia, diantaranya adalah tarian tradisional Malaysia, lagu tardisionalnya dan alat musik tradisionalnya.

Pada artikel ini kami akan membahas khusus tentang Alat Musik Tradisional Malaysia dan untuk pembahasan lain mengenai seni yang ada di Negara Malasyia akan kita bahas nanti di artikel berikutnya..Berikut ini kami sajikan beberapa alat musik tradisonal Malaysia yang berhasil kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya, diantara lain:

1. Kompang.

Alat musik Kompang

Kompang adalah alat musik tradisional yang paling populer bagi masyarakat Melayu. Alat musik jenis ini tergolong dalam kumpulan alat musik gendang. Kulit alat musik kompang biasanya dibuat menggunakan kulit kambing. Biasanya seurat rotan akan diselit di bagian belakang antara kulit dan bingkai kayu yang bertujuan untuk menegangkan permukaan kompang, selain itu juga bertujuan untuk menguatkan bunyi kompang tersebut. Kini, dizaman yang sudah modern, gelung plastik turut digunakan untuk membuat alat musik yang satu ini. Kompang biasanya berukuran enam belas inci diukur lilit dan ditutup dengan kepingan kulit pada sebelah permukaan. Tompang mempunyai bukaan yang dangkal dan dimainkan dengan cara tangan yang sebelah memegang alat musik ini sementara palu dipegang dengan sebelah tangan yang lain.

2. Canang.

Alat musik Canang

Canang merupakan sejenis alat musik dari keluarga gong tapi yang berukuran kecil. Alat musik jenis ini berperan sebagai alat penanda masa dalam ensembel paluan tradisional yang terdapat di Kelantan. Dalam konteks persembahan yang berhubungan dengan teater tradisional negara Malaysia disertakan secara berpasangan yaitu canang ibu dan anak. Kini terdapat dua jenis canang yang sering digunakan yaitu canang yang dibuat dengan besi dan canang yang dibuat dengan gangsa.

3. Gedombak.

Alat musik Gedombak

Alat musik gedombak merupakan gendang yang memiliki dua muka tetapi hanya pada permukaan dasar saja yang ditutupi dengan kulit. Dalam konteks persembahanya disertakan secara berpasangan ibu dan anak yang dimainkan oleh dua orang pemain seperti dalam persembahan wayang kulit dan menora di Klantan.

4. Sape.

Alat musik Sape

Sape adalah alat musik tradisional malaysia yang merupakan sejenis alat tali dari keluarga jute yang beleher pendek dan talinya dipetik. Alat musik sape dibuat dari jenis kayu yang lembut yaitu kayu meranti. Badanya yang panjang berperan sebagai ruang gema untuk menghasilkan bunyi yang nyaring. Sape dimainkan dengan cara dipetik sama seperti alat musik jenis gambus. Alat ini dimainkan untuk hiburan serta mengiringi upacara adat, dan mengiringi persembahan tarian tradisional seperti tarian ngajat. Alat musik sape ini terkenal dikalangan suku kaum kayan dean kenyah.

5. Darbuka.

Alat musik Darbuka

Darbuka adalah alat musik drum tangan berbentuk seperti jam pasir atau piala yang sngat populer di budaya Timur Tengah, Sering disebut dengan drum piala. Darbuka menghasilkan suara yang berbeda ketika musisis memainkan mereka dengan telapak tangan atau jari-jari jentik. Jenis alat musik ini berbeda dengan drum tangan standar dalam bahwa mereka tidak harus dipukul kerasoleh telapak tangan untuk menghasilkan suara. Sebaliknya musisis menggunakan teknik drum ringan dengan telapak tangan dan jari-jari.

Baca Juga :

6. Jimbe.

Alat musik Jimbe

Jimbe merupakan alat musik perkusi yang sangat populer didunia. Jimbe juga bdapatb dimainkan untuk berbagai kalngan usia dari anak-anak hingga dewasa. Ukuran alat musik ini sangat bervariasi dengan motiv dan bentuk ukuran yang berbeda –beda, ada juga yang berukiran. Bunyi yang dihasilkan alat musik jimbe ini sangat unik, bersuara ada yang konstan, ada yang ditabuh hingga bergemuruh, berbunyi tajam, bahkan dapat berbuny sangat treble dan gaduh yang seolah-oleh dapat membangkitkan energi spiritual dari ritual-ritual masa lalu.

7. Gambus.

Alat musik Gambus

Gambus merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini memiliki fungsi sebagai pengiring tarian zapin dan nyanyian pada waktu diselengarakan pesta pernikahan atau acara syukuran. Alat musik ini identik dengan nyanyian yang bernafaskan islam. Dalam mengiringi penyanyi, alat musik ini juga diiringi dengan alat musik lain, seperti marwas untuk memperindah irama nyanyian. Bentuknya yang unik seperti bentuk buah labu siam atau labu air menjadikanya mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Ada beberapa jenis gambus yang dapat diperoleh di mana saja, terutama dikawan melayu. Jenis-jenis gambus tersebut adalah seperti gambus yang memiliki 3 senar dan juga ada pula gambus yang mempunyai 12 senar.

8. Bebano.

Alat musik Bebano

Bebano merupakan alat musik gendang yang berbentuk bundar dan pipih. Bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Alat musik tradional malaysia ini seperti alat musik Brunei darusalam, dan alat musik Singapura yang sering memakai alat musik rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya gambus, kasidah, zapin, melayu dan hadroh.

9. Gong.

Gong dan kempul

Gong adalah alat musik yang dibuat dari besi, dan ada pula gong yang terbuat dari gangsa yang bercampur dengan timah. Jenis gong yang biasa digunakan dinamakan dengan tawak-tawak. Mukanya hanya satu saja dan di tengah-tengah mukanya dilekukan serta membonjol keluar.

10. Rebana.

Rebana

Rebana adalah sejenis alat musik tradisional yang sering dimainkan bagi mengiringi lagu-lagu budaya. Bagi masyarakat melayu di negeri pahang, permainan rebana sangat populer, terutamanya di kalangan penduduk di sekitar sungai pahang. Alat musik ini cara memainkan denga cara ditepuk. Selain rebana bersaiz biasa, terdapat juga rebana besar yang dimainkan pada hari hari spesial. Alat musik ini juga digunakan singapura sebagai alat musik tradisional singapura.

Demikianlah informasi mengenai alat musik tradisional malaysia yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan anda dalam seni atau budaya yang ada di dunia. Terimakasih… source hargaalatmusik.info

10 Jenis Alat Musik Tradisional Negara Malaysia dan Keterangannya | admin | 4.5
/* */