Alat Musik Tradisional Maluku Utara dan Penjelasan Singkat

Alat musik tradisional Maluku Utara dan Penjelasan Singkat – Mengenal berbagai alat musik tradisional di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Semua ini menunukan betapa indonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan alam serta budaya yang luar biasa. Begitu pula dengan provinsi maluku utara. Keindahan, kekayaan beserta keanekaragaman budaya dimaluku utara tidak akan habis. Pada artikel kali ini kami akan membahas alat musik tradisional dari maluku utara. sebelum masuk ke inti artikel mari kita simak dulu sedikit penjelasan yang ada dibawah ini.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Maluku utara salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Ibu kota dari provinsi maluku utara adalah Ternate yang berlokasi di kaki Gunung Gamalama. Masyarakat di Maluku utara sangat beragam. Total ada sekitar 28 suku dan bahasa di maluku Utara. selain memiliki beragam suku, Maluku Utara juga memiliki banyak jenis kebudayaan. Kebudayaan merupakan hasil interaksi antara manusia dengan tuhanya, antara manusia dengan sesamanya dan antara manusia dengan alam di mana mereka hidup.

Alat musik tradisional Maluku Utara – Oleh karena pola-pola interaksi yang terjadi beberda-beda, maka jenis kebudayaan yang dihasilkan dari berbagai daerah di Maluku Utara juga berbeda-beda, dan mempunyai keunikan masing-masing. Salah satunya adalah musik tradisional Maluku Utara. musik tradisional lahir dari proses yang sangat panjang antara interaksi manusia dengan alam. Oleh karena alam yang menjadi sumber inspirasi berbeda-beda, maka musik yang dihasilkanya pun juga berbeda-beda, tidak hanya pada bunyi-bunyinya tetapi juga pada alat-alat yang digunakan untuk menghasilkan bunyi-bnyian tersebut. Musik tradisional tidak saja digunakan untuk hiburan, tetapi juga digunakan oleh masyarakat yyang memegang teguh tradisi untuk berkomunikasi dengan tuhan. Dan irama musik dan nyanyiana cara mereka untuk berkomunikasi dengan tuhan. Itu menurut kepercayaan masing-masing dari suku tersebut.

Berikut ini merupakan alat musik tradisional Maluku Utara dan penjelasanya yang berhasil kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya, antara lain:

1. Cikir.

Cikir


Merupakan instrumen musik yang terbuat dari batok buah kelapa yang masih utuh dan diisi dengan beberapa butir biji kacang hijau kering atau butir batu kerikil bulat. Alat musik tradisional ini yang biasanya digunakan pada pertunjukan musik bambu hitada dari halmahera, provinsi Maluku Utara. Alat musik cikir ini dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga benturan antara kerikil atau biji kacang hijau dan batok bambu akan menghasilkan bunyi yang indah. Alat musik cikir ini juga sering disebut dengan alat musik rumba.

2. Tifa.

alat musik tifa

Tifa adalah alat musik yang bentuknya menyerupai kendang dan Totobuang. Masing-masing alat musik dari tifa totobuang memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling mendukung satu sama lain hingga melahirkan warna musik yang sangat khas. Namun musik ini didominasi oleh alat musik tifa. Tifa ini sendiri terbagi dalam beberapa jenis yaitu, tifa jekir, tifa dasar, tifa potong.

3. Bambu Hitada.

Bambu Hitada

Bambu Hitada merupakan salah satu kebudayaan yang cukup unik di Provinsi Maluku utara. musik tradisional jenis ini adalah salah satu kesenian tradisional masyarakat halmahera. Bambu Hitada biasanya terdiri dari 2 ruas dan panjangnya tidak lebih dari 1,75 m. Biasanya batang bambu ini sudah-sudah dilobangi sesuai dengan nada tone. Agar mengahsilkan nada tone yang berbeda-beda, maka ukuran bambu baik panjang maupun besarnya berbeda-beda. Agar tampilan bambu lebih menarik dan indah, permuakaan bambu dicat warna – warni. Batang bambu dibunyikan dengan cara dibanting tegak lurus di tanah atau bila di atas ubin harus dialas dengan karung goni. Alat musik ini berfungsi sebagai hibura, maupun kelengkapan upacara, seperti upacara perkawinan atau upacara syukuran. Adapun dalam pertunjukan musik bambu hitada menggunakan beberapa alat musik tradisional yang dikenal masyarakat maluku utara antara lain bambu hitada sendiri, cikir, juk dan biola.

Baca Juga :

4. Leko Boko / Juk.

Leko Boko

Leko Boko / Juk adalah alat musik tradisional dari Maluku Utara yang terbuat dari bahan kayu. Leko boko atau juk cara memainkanya yaitu dengan cara dipetik sama seperti alat petik sejenis gitar. Pada awalnya senar juk dibuat dari usus kuskus atau kucing hutan. Namun dengan perkembangan zaman yang semakin modern saat ini senar juk telah menggunakan empat senar dari plastik. Jenis alat musik ini dimainkan bersama dengan heo (biola yang besenar empat). Leko boko ini berperan sebagai pemberi harmoni, sedangkan heo berperan sebagai pembawa melodi. Selain digunakan pada pertunjukan seni musik bambu hitada, alat musik tradisional dari Maluku Utara ini juga digunakan untuk memeriahkan pesta adat dari Maluku Utara ini. Sebagai pengiring lagu tardisional Maluku, pengiring tarian dan pantun.

4. Fu.

alat musik Fu

Alat musik Maluku Utara fu merupakan alat musik yang terbuat dari kulit kerang dan cara memainkanya dengan ditiup pada bagian yang berlubang atau bagian yang terbuka. Selain digunakan untuk memanggil penduduk, alat musik tradisional dari Maluku Utara ini juga biasa digunakan untuk mengiringi tari-tarian khususnya masyarakat suku asmat, kabupaten merauke. Biasanya fu dimainkan dan menjadi paduan harmonisasi yang memberikan warna tersendiri pada ciri khas musiknya. Saat ini keberadaan alat musik jenis ini pelahan mulai terkikis bahkan hampir punah karena hilang kegunaanya. Alat musik fu lebih banyak disimpan menjadi pajangan di museum. Sebenarnya masih ada beberapa desa yang masih melestarikan alat musik fu, seperti desa Amatalu, desa Sirisori dan desa Hutumuri yang masih melestarikan musik ini hingga fungsinya tetap terlaksana dengan baik. Jenis alat musik ini juga merupakan alat musik tradisional Papua Barat.

Demikianlah informasi yang bisa saya berikan kepada anda mengenai alat musik tradisional dari Maluku Utara. Semoga dengan adanya informasi ini semakin memperkaya pengetahuan anda tentang keberagaman kesenian dan kebudayaan ditanah air. Mari sama-sama kita berusaha untuk mengembangkan dan melestarikan kebudayaan nusantara. Terimakasih….

source hargaalatmusik.info

Alat Musik Tradisional Maluku Utara dan Penjelasan Singkat | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*