Alat Musik Tradisional Papua Barat Beserta Gambar dan Penjelasan

Alat Musik Tradisional Papua Barat – Papua Barat merupakan provinsi yang ada di Indonesia yang terletak pada ujung barat Pulau Papua dengan ibukota Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya adalah Irian Jaya Barat tetapi pada tahun 2007 provinsi ini berganti nama menjadi Papua Barat. Papua Barat memiliki banyak sekali ragam budaya nan indah, seperti halnya Alat musik tradisional papua, tari-tarian khas , Lagu tradisional sampai senjata khas Papua Barat Juga ada.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Keindahan alam Papua Barat sangat terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Misalnya aja Raja Ampat, keindahan bawah laut yang sangat eksotis. Begitu indahnya dan kayanya Papua Barat. Namun Sebagai warga indonesia yang baik kita tidak hanya menikmati panorama keindahan alam. Tapi apakah anda tahu unsur budaya yang terdapat disana terlebih alat musik tradisional papua barat seperti yang akan kita bahas kali ini.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan seni daerah, agama, bahasa daerah, adat istiadat dan lain-lain. Budaya dan seni daerah dapat menjadikan anak cucu dapat mengetahui budaya pada daerah tersebut. Agar lebih dapat menghargai dan mencintai budaya daerah. Seperti halnya alat musik tradisional yang ada di Indonesia.

Alat Musik Tradisional Papua Barat

1. Guoto.

alat musik tradisional papua barat guoto

Alat musik tradisional Papua Barat guoto merupakan alat musik petik yang terbuat dari kulit binatang lembu. Cara memainkan alat musik guoto ini yaitu dengan cara dipetk pada senar atau dawainya.

2. Triton.

alat musik tradisional papua triton

Triton merupakan alat musik tradisional masyarakat papua yang terbuat dari kerang. Triton dimainkan dengan cara ditiup. Awalnya alat musik ini haya digunakan untuk sarana komunikasi atau sebagai alat panggil atau memberi tanda. Kemudian dengan berjalannya waktu triton ini digunakan sebagai sarana hiburan dan menjadi alat musik tradisional. Alat musik triton ini terdapat di seluruh pantai terutama di daerah biak, yapen, waropen, nabire, wondama dan kepulauan raja ampat.

3. Yi.

alat musik tradisional papua barat yi

Alat musik Yi adalah alat musik yang sama halnya dengan triton. Bedanya kalau alat musik tradisional triton terbuat dari kerang kalau alat musik yi terbuat dari kayu dan bambu. Alat musik tradisional yi ini dimainkan dengan cara di tiup. Alat musik yi ini pada awalnya digunakan sebagai sarana komunikasi yang berfungsi untuk memanggil para penduduk. Namun dengan seiring perkembanagan zaman yi digunakan untuk mengiringi tarian daerah Papua.

4. Tifa.

alat musik tradisional papua barat tifa

Selain triton, tifa juga banyak di temui di provinsi Papua Barat. selain di pulau papua barat alat musik tifa ini juga banyak di jumpai di Maluku. Alat musik tradisional tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangkan isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutup, tutup tersebut berbahan dari kulit rusa yang telah dikeringkan agar mengjasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknya biasanya dipenuhi dengan ukiran supaya lebih indah. Setiap suku di Maluku dan papua memilki tifa dengan ciri khas masing-masing yang berbeda. Silahkan Baca lebih lengkap tentang alat musik tradisional tifa.

5. Pikon.

alat musik tradisional papua barat pikon

Alat musik tradisional pikon dari papua barat berukulan kecil, kurang lebih sebesar genggaman orang dewasa. Alat musik pikon ini terbuat dari sebilah bamboo dan berbentuk lonjong. Pada tengah potongan bambu terdapat seutas tali yang dipasang kencang dan terikat pada sepotong lidi penggetar. Hal ini berguna agar pada waktu lidi bagian pangkal ditarik, potongan penggetar akan bergetar dan dapat mengeluarkan suara.

6. Krombi.

alat musik tradisional papua barat krombi

Krombi merupakan alat musik tradisional dari papua barat yang terbuat dari bambu. Alat musik krombi digunakan untuk mengiringi tarian pada pesta adat masyarakat papua. Alat musik ini dimainkan dengan menggunakan sebuah kayu kecil lalu di ketuk-ketukkan pada bambu tersebut.

7. Butshake.

alat musik tradisional papua barat busthake

Alat musik tradisional dari papua barat selanjutnya adalah Butshake. Butshake adalah alat musik yang terbuat dari bambu dan buah kenari. Alat musik ini berfungsi sebagai pengiring tarian yang di adakan oleh masyarakat papua.

8. Anyem.

alat musik tradisional papua barat anyem

Anyem merupakan alat musik tradisional dari papua barat yang terbuat dari kayu, namun kayu yang digunakan untuk membuat anyem tidak kayu sembarangan melainkan kayu putih. Alat musik ini digunakan oleh masyarakat suku web, kabupaten keerom Papua. Alat musik anyem biasanya digunakan sebagai iring-iringan tarian namun fungsi lain alat musik tradisional ini adalah sebagai tanda untuk memanggil dan memberi tanda bahaya paada saat berperang melawan musuh.

9. Fuu.

alat musik tradisional papua barat fuu

Pada zaman dahulu alat musik tradisional fuu ini biasa disebut dengan tahuri atau korno. Dengan berjalannya zaman nama alat musik tradisional ini berganti menjadi fuu. Dalam membuat alat musik fuu berasal dari kulit kerang agar menghasilkan suara yang indah dan merdu. Alat musik tradisional fuu digunakan untuk memulai suatu lomba pada masyarakat papua barat.

10. Kecapi Mulut.

alat musik tradisional papua barat kecapi mulut

Jika dalam alat musik kecapi yang dikenal kecapi dimainkan dengan cara dipetik namun berbeda dengan alat musik kecapi mulut yang berasal dari papua barat ini dimainkan dengan cara dijepit di antara bibir dan ditiup sambal menarik talinya.

Paling Banyak Dicari !!!

Nah, sekarang kalian uda tau Alat Musik Tradisional Papua Barat. begitu banyak dan beragam alat musik tradisional yang ada di provinsi Indonesia ini. Jadi kita sebagai generasi penerus bangsa harus melestarikan kebudayaan yang ada di daerah kita masing-masing. Jangan sampai kebudayaan kita punah. Indonesia memang beragam budaya tetapi kita harus tetap seperti semboya negara yaitu bhinneka tunggal ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Alat Musik Tradisional Papua Barat Beserta Gambar dan Penjelasan | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*