Alat Musik Tradisional Riau Beserta Penjelasan Singkat

Alat musik tradisional Riau – Mari mengenal beberapa alat musik tradisional dari Riau, jika pada artikel sebelumnya kita mengenal beberapa alat musik tradisional dari daerah lain. Kali ini mari kita mengenal alat musik tradisional dari daerah Riau. Provinsi Riau Adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Riau saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, dan sumber dayanya di dominasi oleh sumber alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat. Selain kaya akan sumber dayanya Riau juga kaya akan seni budaya, seperti jenis tarian tradisional, lagu tradisional dan alat musik tradisional.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Riau memang memiliki banyak hal unik yang sayang untuk dilewatkan. Selain jenis pakaian adat yang bermacam-macam dengan kegunaan nilai filosofi, budaya Melayu Riau juga mengenal beragam alat musik tradisional yang sering dimainkan pada pertunjukan tari tradisional atau saat ada upacara adat. Nah, berikut di artikel kali ini kita akan membahas tentang alat musik tradisional Riau tersebut lengkap dengan penjelasan, bunyi yang dihasilkan, dan cara memainkannya. Silakan disimak! Alat Musik Tradisional Riau Sedikitnya kami telah merangkum beberapa alat musik tradisional Provinsi Riau yang hingga kini masih lestari di kalangan masyarakat Melayu, berikut antara lain:

alat musik tradisional

Alat Musik Rebana Ubi.

Alat musik rebana adalah gendang yang berbentuk bundar dan pipih. Alat musik rebana merupakan alat musik khas suku melayu dan merupakan alat musik yang kental dengan keagamaan seperti halnya alat musik marwas. Bingkai rebana berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk di tepuk berlapis dari kulit kambing. Ada satu rebana dengan bentuk unik yang sering ditabuh ketika mempelai pria datang ke rumah mempelai wanita. Rebana tersebut benama Rebana ubi yang berasal dari Provinsi Riau. Rebana ini jika ditabuh mengeluarkan suara yang cukup keras sehingga sengaja dimainkan untuk menyemarakan pesta pernikahan. Selain itu, ketukan tabuhan dari cara memainkan rebana ini juga memiliki aturan khusus yang harus dipahami oleh para pemainnya. Fungsi alat musik ini pada zaman dahulu digunakan untuk mengiringi tarian tradisional Riau. Dizaman sekarang alat musik ini digunakan untuk mengiringi acara pernikahan.

Alat Musik Nafiri.

Adalah alat musik tradisionla Riau yang bentuknya seperti terompet dan dimainkan dengan cara ditiup. Di antara alat musik Riau yang lainya, alat musik Nafiri ini menjadi yang paling dikenal dikalangan masyarakat Riau. Hal ini karena alat musik ini sering dimainkan dalam pertunjukan makyong, juga karena alat musik ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai alarm pemberitahuan bagi masyarakat suatu kampung ketika datang bencana, kematian, kemalingan dan informasi mendesak lainya.

Alat Musik Kompang.

Alat musik ini sebetulnya sama dengan rebana, hanya saja di bagian tepinya tidak terdapat logam gemerincing. Kompang merupakan alat musik pengiring dari petikan gambus dan tabuhan gendang. Alat musik ini harus ada dalam sebuah pawai adat dan pertunjukan seni tradisional khas Melayu Riau.

Baca Juga :

Alat Musik Marwas.

Marwas merupakan alat musik tepuk atau yang sering disebut dengan perkusi. Alat musik marwas ini merupakan kolaborasi antara kesenian dari Timur tengah dan Melayu Riau. Alat musik marwas dimainkan dengan cara seperti memainkan gendang, namun bunyi yang dihasilkanya cenderung lebih kecil tapi dengan nada yang tinggi. Marwas dibuat dari kulit kambing, kayu nangka atau cempedak, serta rotan sebagai pengikatnya. Alat musik ini memiliki unsur keagamaan yang sangat kental. Hal tersebut tercermin dari berbagai lirik lagu yang di bawakan oleh alat tersebut yang merupakan dari pujian atau kecintaan kepada Sang Pencipta. Lagu-lagu yang berirama gambus biasanya banyak yang memakai alat musik marwas ini dinyanyikan sambal diiringi jenis pukulan yang berbeda. Kesenian marawis banyak yang berasal dari Timur Tengah terutama dari Yaman. Nah tuh dimana yah letaknya negara Yaman. Pokoknya gak di Indonesia deh hehehe…

Alat Musik Gendang.

Siapa yang tidak tahu gendang? iya, alat musik yang satu ini merupakan alat musik tradisional yang bukan hanya di Riau saja, juga dapat kita temukan di daerah-daerah lain yang ada di Indonesia yang dihuni oleh sub etnis Melayu. Misalnya sebagai alat musik tradisional sulawesi selatan. Gendang adalah alat musik ritmis yang dimainkan untuk mengatur ritme musik dan aturan nada dari alat musik lainnya. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditepuk menggunakan telapak tangan. Adapun berdasarkan ukurannya, gendang dibedakan menjadi beberapa macam dengan penamaannya masing-masing, gendang kecil disebut ketipung, gendang ukuran sedang disebut gendang kebar atau ciblon, dan yang besar disebut gendang kalih.

Alat Musik Gambus.

Gambus merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipeti sama seperti alat musik modern yang saat ini sangat terkenal yaitu gitar. Namun bentuknya seperti mandolin dengan jumlah senar antara 3 sampai 12 buah. Alat musik gambus ini biasanya dimainkan bersama gendang sebagai pengiringya. Selain di Riau, alat musik ini sebetulnya juga dapat ditemukan di daerah lain yang terdapat suku Melayunya. Hanya saja, di Riau alat musik ini cenderung lebih populer karena bisa digunakan untuk mengiringi tari Zapin, tari khas Melayu.

Alat Musik Akordeon.

Merupakan alat musik tradisional kepulaun Riau. Akordeon atau juga disebut Kordeon adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipompa dan ditekan sedemikian rupa, alat musik kok dipompa, hahahaha unik bukan! Di antara alat musik tradisional Riau lainnya, akordeon menjadi yang paling sulit dimainkan. Meski begitu irama yang khas membuat alat musik ini wajib ada di setiap pertunjukan seni musik tradisional Melayu Riau.

Demikianlah informasi yang bisa saya berikan kepada anda. Sebenarnya masih banyak jenis alat musik tradisional dari provinsi Riau, namun hanya ini saja yang bisa saya berikan kepada anda. Semoga dengan adanya informasi ini semakin memperkaya pengetahuan anda tentang keberagaman kesenian dan kebudayaan ditanah air. Mari sama-sama kita berusaha untuk mengembangkan dan melestarikan kebudayaan nusantara. Terimah kasih….

source : http://hargaalatmusik.info

Alat Musik Tradisional Riau Beserta Penjelasan Singkat | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*