Alat Musik Tradisional Sasando Khas Pulau Rote

Alat Musik tradisional Sasando – Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari beragam suku bangsa, budaya, adat istiadat dan lain sebagainya, yang terbentang luas mulai dari sabang sampai merauke. Maka dari itu, tak heran jika indonesia disebut sebagai negara paling kaya. Salah satu contoh kecilnya adalah keberagaman alat musik tradisionalnya yang tersebar di segenap daerah tiap-tiap provinsi yang ada di Indonesia. Dan salah alah satu jenis alat musik tradisional yang akan kita bahas pada artikel ini adalah alat musik tradisional khas darai pulau Rote yaitu alat musik Sasando. Untuk mengetahui lebih dalam tentang alat musik tadisional Sasando, asal mula musik sasando atau sejarahnya, beserta gambarnya, fungsinya dan cara memainkanya, silakan anda simak penjelasan yang ada dibawah ini.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Sasando Merupakan alat musik tradisional khas pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Di pulau Rote sasando sering disebut sasandu, yang berarti alat yang berbunyi. Sasando ini merupakan jenis alat musik berdawai tanpa mempunyai cord yang dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan jari tangan. Alat musik yang satu ini hampir sama dengan alat musik tradisional seperti Kecapi atau Harpa, namun memiliki bentuk dan suara yang sangat khas. Sasando merupakan salah satu alat musik yang sangat terkenal, tidak hanya di Indonesia saja, namun juga sampai luar negeri.

Alat Musik Tradisional Sasando

Alat Musik Tradisional Sasando

Asal Usul Alat Musik Tradisional Sasando atau Sejarah Sasando.

Ala musik Sasando merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Rote, yang berada di NTT atau disebut juga dengan Nusa Tenggara Timur. ada beberapa versi cerita yang mengisahkan tentang awal mula Sasando ini. Salah satu cerita yang banyak berkembang di masyarakat adalah kisah Sangguana yang terdampar di Pulau Ndana dan jatuh cinta dengan putri Raja. Mengetahui Sangguana jatuh cinta kepada putrinya, sang Raja pun memberikan syarat untuk menerima Sangguana. Sangguana diminta untuk membuat alat musik yang berbeda dengan alat musik lainnya. Pada suatu ketika, sangguana pun bermimpi dalam tidurnya. Dia bermimpi memainkan alat musik yang berbentuk sangat indah dan memiliki suara yang merdu. Dan disitulah Sangguana membuat alat musik yang disebut dengan Sasando dan diberikan kepada sang Raja. Disitulah awal mula alat musik jenis ini.

Alat Musik Tradisional Lainnya >> 12 Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat Beserta Pengertian

Bentuk Alat Musik Sasando.

Alat musik Sasando ini memiliki bentuk yang sangat unik dan tentunya berbeda dengan alat musik berdawai lainnya. Cara membuat sasando ini, pada bagian utama Sasando berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu khusus. Bagian bawah dan atas bambu terdapat tempat untuk memasang dan mengatur kencangnya dari dawai itu sendiri. Pada bagian tengah  bambu biasanya diberi senda atau yang disebut dengan penyangga dimana dawai direntangkan. Senda ini digunakan untuk mengatur tangga nada dan menghasilkan nada yang berbeda di setiap petikan dawai. Sedangkan wadah untuk resonansi berupa anyaman daun lontar yang sering disebut dengan haik. Sasando termasuk alat musik ritmis dan melodis.

Cara memainkan Sasando.

Walaupun merupakan alat musik yang cara memainkan dengan dipetik, namun sasando memiliki cara yang berbeda dibanding dengan alat musik petik yang lainya. Sasando biasanya dimainkan menggunakan ke dua tangan dengan arah yang berlawanan. Tangan kanan berperan untuk memainkan Accord, sedangkan tangan kiri sebagai melodi atau Bass. Untuk memainkan alat musik jenis ini tentu saja tidak mudah, karena dibutuhkan harmonisasi perasaan dan teknik yang mumpuni., sehingga akan menghasilkan nada yang pas dan sangat merdu tentunya. Selain itu keterampilan jaari dalam memetik sangat diperlukan bagi seorang yang ingin memainkan alat musik Sasando ini. Sama seperti alat musik jenis Harpa keterampilan jari tangan dalam memetik dawai sangat mempengaruhi suara apalagi bila memainkan nada tempo cepat.

Jenis Alat Musik Sasando.

Alat musik Sasando ini memiliki jenis yang berbeda-beda. Menurut dari perkembangannya, Sasando dibagi menjadi dua tipe yaitu tradisional dan elektrik. Alat musik Sasando tradisional merupakan bentuk Sasando aslinya dan dimainkan tanpa alat elektronik seperti amplifier atau akustik. Sedangkan Sasando elektrik merupakan jenis Sasando yang bisa dimainkan dengan alat elektronik. Biasanya Sasando elektrik dimainkan dalam panggung besar atau pertunjukan modern yang ada pada saat ini. Berdasarkan suaranya, Sasando juga dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah Sasando dobel, Sasando engkel, Sasando biola dan Sasando gong.

  1. Sasando dobel merupakan jenis Sasando yang biasanya memiliki 56 sampai 84 dawai, sehingga memiliki lebih banyak jenis suara
  2. Sasando engkel merupakan jenis Sasando yang memiliki 28 dawai
  3. Sasando biola merupakan jenis sasando yang memiliki suara hampir sama dengan suara biola
  4. Untuk Sasando gong merupakan jenis Sasando yang memiliki suara hampir sama dengan suara gong

Tentunya penggunaan setiap jenis Sasando disesuaikan dengan keahlian setiap pemain dan kebutuhan dalam suatu pertunjukan.

Alat Musik Tradisional Lainnya >> Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah dan Penjelasan Singkat

Fungsi Alat Musik Sasando.

Fungsi dari alat musik ini dalam masyarakat Rote adalah sering dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional Suku Rote, mengiringi pertunjukan musik, upacara adat, syair dan acara hiburan lainya. Karena Sasando merupakan salah satu alat musik yang memiliki suara bervariasi, sehingga dapat dimainkan untuk semua genre musik, sperti musik tradisional, pop dan genre musik lainya yang bukan musik elektrik tentunya.

Perkembangan Alat Musik Sasando.

Alat musik yang satu ini masih trus dilestarikan dan dikembangkan hingga sekarang. Seperti yang dikatakan sebelumnya, saat ini alat musik Sasando telah dikembangkan menjadi beberapa jenis, baik dalam segi suara bahkan juga dibuat musik elektrik. Saat ini Sasando juga masih sering dimainkan untuk mengiringi acara-acara besar. Selain itu Sasando juga ditampilkan dalam bentuk orkestra maupun pertunjukan solo. Suaranya yang merud nan indah membuat banyak orang yang tertarik untuk memperlajari alat musik tradisional yang satu ini. Bahkan pesona suara musik Sasando tidak hanya dikenal di masyrakat lokal saja, namun juga dikenal baik dalam negeri maupun manca negara.

Sekian pengenalan tentang “alat musik tradisional Sasando”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kesenian tradisonal di Indonesia. Terimah kasih.

Alat Musik Tradisional Sasando Khas Pulau Rote | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*