Gambar dan Penjelasan Alat Musik Tradisional Tifa

Gambar dan Penjelasan Alat Musik Tradisional Tifa Indonesia kaya akan ragam khasanah budaya. Salah satunya adalah jenis alat musik daerah atau tradisional yang tersebar  di tiap-tiap provinsi. Alat musik tradisional Indonesia memiliki keunikan tersendiri dan menjadi ciri khas kebudayaan yang ada di Indonesia. Melihat berbagai macamnya alat musik tradisonal Indonesia maka bisa dikatakan bahwa Indonesia sangat kaya dengan harta kebudayaanya. Dengan kekayaan budaya yang kita miliki seharusnya kita bangga menjadi bangsa Indonesia, dan sebagai orang Indonesia harus mengetahui seperti apa kebudayaan yang ada di Indonesia.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Salah satu jenis alat musik tradisional yang akan kita bahas pada artikel ini adalah alat musik tradisional dari provinsi Papua dan Maluku yaitu alat musik Tifa. Untuk mengetahui lebih dalam tentang alat musik tadisional Tifa, sejarah awalnya  dari musik Tifa, beserta gambarnya, fungsinya dan cara memainkanya, silakan anda simak penjelasan yang ada dibawah ini.

Alat Musik Tradisional Tifa

alat musik tradisional tifa

Tifa adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia bagian timur, khusunya di daerah Maluku dan Papua. Alat musik Tifa ini merupakan sejenis alat musik pukul yang terbuat dari kayu dan berbentuk tabung. Bentuk dan fungsinya alat musik tradisional yang satu ini sekilas hampir sama dengan dengan alat musik kendang, namun suara alat musik tradisional Tifa ini terdengar lebih ringan dan merdu. Alat musik ini sangat terkenal di kalalangan masyarakat maluku dan papua. Alat musik Tifa ini biasanya sering digunakan untuk mengiringi upacara adat, mengiringi tarian tradisional dan dalam pertunjukan musik.

Sejarah Awal Alat Musik Tifa.

Sejarah tentang adanya alat musik Tifa ini masih belum diketahui secara pasti. Diperkirakan bahwa alat musik Tifa ini sudah ada di Papua dan Maluku sejak zaman dahulu kala. Hal ini terlihat dari berbagai ritual dan tarian tradisional masyarakat di sana yang sudah ada sejak dahulu, dan menggunakan alat musik jenis Tifa sebagai pengiringnya. Selain itu karena faktor Pulau Maluku dan Pulau Papua yang beredekatan inilah yang memungkinkan terjadinya persamaan antara budaya mereka, salah satunya adalah alat musik tifa ini.

Perkembangan Alat Musik Tifa.

Jenis alat musik Tifa ini masih terus dilestarikan dan dipertahankan hingga sampai sekarang. Alat musik yang satu ini masih sering digunakan untuk mengiringi berbagai acara adat istiadat seperti tarian tradisional, pertunujkan musik dan lain-lain. Dalam perkembanganya berbagai kreasi  dan variasi dalam memainkan musik Tifa ini juga sering dilakukan di setiap pertunjukanya. Hal ini tentu dilakukan agar terlihat menarik. Alat musik Tifa kini tidak dikenal oleh masyarakat Papua dan Maluku saja, Tifa kini juga mulai dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.

Bentuk Alat Musik Tifa.

Alat musik tradisional Tifa ini merupakan alat musik yang terbuat dari kayu sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya terbuat dari kulit rusa yang telah dikeringkan untuk mengasilkan suara yang bagus dan indah. Selain itu pada bagian kayu Tifa biasanya diukir dengan bentuk ukiran yang unik dan khas daerah masing-masing. Bentuk alat musik Tifa ini sekilas hampir sama dengan gendang, namun ukuran dan suaranya sedikit berbeda.

musik tifa

Jenis-Jenis Alat Musik Tifa.

Alat musik Tifa yang ada di daerah Maluku dan daerahPapua pada dasarnya sangat berbeda, terutama pada segi bentuk. Alat musik Tifa di daerah Papua biasanya dibagian tengahnya lebih melengkung dan memiliki pegangan pada bagian tengah. Sedangkan alat musik Tifa dari daerah Maluku yang berbentuk tabung biasa dan tidak memiliki pegangan. Alat musik Tifa juga dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah Tifa potong, Tifa jekir, Tifa bas, dan Tifa dasar. Jenis-jenis Tifa tersebut yang membedakan biasanya  dari segi warna suaranya, sehingga saat dimainkan bersama harus disesuaikan dengan suara dan fungsinya masing-masing alat musik Tifa ini.

Baca Juga :

11 Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Berserta Penjelasan

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Indonesia

Cara Memainkan Alat Musik Tifa.

Untuk memainkan alat musik Tifa biasanya disesuaikan dengan jenis dari Tifa tersebut. Ada yang menggunakan alat pukul, ada juga yang dimainkan dengan tangan saja. Sama halnya dengan alat musik gendang, Tifa juga merupakan jenis alat musik yang mempunyai satu suara. Sehingga saat dimainkan bersama alat musik lain, alat musik Tifa menjadi suara utama dan sebagai pengatur irama. Namun apabila dimainkan dngan jenis Tifa lainya, maka harus disesuaikan terlebih dahulu. Karena setia jenis Tifa biasanya memiliki suara yang berbeda-beda, sehingga harus dipadukan agar menjadi satu kesatuan irama yang baik dan enak untuk didengarkan.

Fungsi Alat Musik Tifa.

Fungsi alat musik Tifa di daerah Papua dan di daerah Maluku memiliki fungsi yang sama. Tifa biasanya digunakan oleh masyarakat setempat sebagai media untuk mengiringi upacara adat, pengiring tarian tradisional seperti tarian Perang dan beberapa tarian daerah lainya seperti tari Lenso dari maluku yang diiringi juga dengan alat musik totobuang, tarian tradisional suku Asmat dan tari Gatsi, atau digunakan dalam pengiring lagu. Untuk mengiringi acara tersebut biasanya jenis Tifa yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan. Karena dalam tarian tradisional jenis musik sangat mempengaruhi gerak dan penampilan penarinya.

Demikian ulasan mengenai Gambar dan Penjelasan Alat Musik Tradisional Tifa diatas tersebut yang dilengkapi dengan gambar alat musik tifa ini bisa menambah wawasan anda dan mungkin bagi pelajar yang sedang mencari tugas kesenian dan kebudayaan akan lebih mudah untuk dapat memahaminya. Sekian, dan terimah kasih.

sumber : http://hargaalatmusik.info

Gambar dan Penjelasan Alat Musik Tradisional Tifa | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*