Cara Memilih Gitar Yang Bagus dan Berkualitas

Cara memilih gitar yang bagus – Postingan kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara memilih gitar yang bagus dan berkualitas. Sebelum anda membelinya untuk yang baru belajar alangkah baiknya memiliki gitar sendiri sehingga kita dapat dengan leluasa bermain gitar untuk proses belajar kita, kalo punya gitar sendiri juga lebih enakkan? Tidak perlu meminjam gitar ke teman. Bagi anda yang mau membeli gitar baru alangkah baiknya anda melihat gitar bukan dari mahalnya harga gitar saja, bentuknya, warnanya, bodinya, tapi juga dari perlu memahami ciri –ciri cara memilih gitar yang bagus suaranya. Satu lagi, jenis gitar itu berbeda beda dan komponenya juga akan berbeda beda.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Gitar Akustik Yamaha C370

Bermain gitar merupakan salah satu hobi yang banyak dipilih untuk mengisi waktu luang. Tidak hanya pria yang menyukai jenis alat musik ini, wanita pun juga sekarang banyak yang mengunakan gitar sebagai hobi sehari – hari. Gitar merupakan sebuah alat musik yang paling populer dikalangan masyarakat. Karena harga sangat terjangkau dan mudah untuk dibawah kemana – mana. Gitar itupun terbagi kedalam 3 jenis, yaitu.

  1. Gitar akustik. merupakan gitar yang suaranya berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara didalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.
  2. Gitar akustik elektrik. Merupakan gitar akustik yang menggunakan tenaga listrik untuk menjadikan gitar ini bersuara keras. Apabila tidak ada listrik suara yang dihasilkan akan cenderung lemah dan tidak bisa dinikmati dengan leluasa.
  3. Gitar elektrik adalah sebuah gitar dimana media yang digunakan untuk menangkap getaran dawai adalah berupa magnet (yang disebut pickup gitar) dimana pickup tersebut bisa diaktifkan melalui aliran listrik yang kemudian mengirim sinyal getaran dawai ke speaker pengeras suara. Berdasarkan dari sumber yang kami dapatkan konon kabarnya gitar seperti ini mulai diperkenalkan sejak era 1930an.

Kesulitan yang dihadapi banyak orang ketika hendak akan membeli gitar pertama kali adalah menemukan keseimbangan antara membeli suara yang bagus, gitar yang sangat berkualitas akan membuat mereka tertarik, dan salah satunya tidak menguras kocek anda. Dengan memperhatikan bagian – bagian dari gitar kita bisa lebih tahu dimana letak – letak kekurangan dan kelebihanya, dan itu bisa membantu saat mau membeli gitar.

Baca Juga : Daftar Harga Pick Up Gitar Dimarzio

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli sebuah gitar salah satunya adalah pickup karena pick up adalah komponen yang penting dalam gitar karena bisa mempengaruhi suara dari gitar tersebut. Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan informasi cara memilih gitar yang bagus dan awet bagi anda yang hendak membeli gitar. Bagi para pemula yang baru belajar bermain gitar Info ini sangatlha penting. Nah pertama – tama yang harus diperhatikan saat memilih gitar yang bagus dan awet adalah.

  1. Kita mulai dari bagian yang paling atas yaitu kepala gitar (head stock) untuk jenis kepala gitar yang bagus bisa dilihat dari mur pengencang atau pengendur senar gitar (tunning key). Untuk tuning key yang bagus terbuat dari besi atau tembaga mulai dari pencakram tuning key atau peganganya terbuat dari bahan yang kuat bukan yang almunium atau atum. Terus kepala gitar yang bagus tidak ada sambungan atau patahan antara kepala gitar dengan setang gitar.
  2. Setang gitar atau yang disebut dengan (neck). Untuk jenis stang yang bagus saya punya cara tersendiri yaitu dengan memukul menggunakan jari apabila bahanya bagus maka bunyinya tidak keras kalau yang jelek pasti bunyinya keras. Dan tentunya tidak ada sambungan dan retakan distang gitar itu.
  3. Dan yang selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bagian depan setang gitar yaitu bagian nut-nutnya. Nut yang bagus bagianya berurutan dari yang paling atas adalah yang besar dan semakin mengecil jaraknya hingga kebody gitar. Lalu bahan untuk membuat nutnya terbuat dari tembaga bukan dari alumunium karena tembaga tidak akan terkikis hingga bertahun – tahun walaupun dipakai 24 jam sehari. Sedangkan yang terbuat dari alumunium pastinya akan cepat terkikis dan lebih cepat memutuskan senar.
  4. Sound hole (lubang suara) sepertinya untuk lubang suara bentuknya masih banyak yang bulat. Tetapi untuk yang sekarang ini juga sudah banyak yang difariasi, untuk lubang suara yang penting suara yang dihasilkan tidak melengkung atau bunyinya tidak keras.
  5. Body gitar yang bagus ciri-cirinya terbuat dari bahan baku yang tebal dan rapi dalam finisingnya. Bandingkan saja dengan gitar yang murahan biasanya dalam finisingnya tidak rapi sama sekali.
  6. jembatang gitar (bridge) ciri-ciri bridge yang bagus adalah terbuat dari bahan yang berkualitas dan menempel dengan kokoh tidak mudah kendor saat dipakai berulang ulang.
  7. Perhatikan feed boadnya yang bagus tentunya terbuat dari tembaga dan terlihat menempel dengan kokoh dibadan dan setang gitar.
  8. Lihatlah pada saddel pada gitar itu, ciri-cinya saddel yang bagus adalah saddelnya rendah, lalu kenapa harus rendah? Jawabanya adalah saddel yang rendah akan nikmat digunakan untuk bermain gitar karena tangan anda akan mudah dalam menekan senar-senar dan tidak terlalu sakit.
  9. Dan yang terakhir adalah Pin bridge, pin bridge yang baik lubangnya yang pas dalam arti ini lubangnya pas untuk memasukan senar gitar yang panjang dan lebar :D.
Baca Juga : Harga Gitar Rick Hanes Irul FM Signature Series

Semua orang biasanya banyak yang menanyakan gitar bagus merek apa ? semua brand pasti mengeluarkan jenis-jenis gitar yang bagus semua itu tergangtung dari bahan pembuatan dan hasil finisingnya. Dan gitar bagus itu gak harus mahal ada gitar akustik bagus dibawah satu juta.

Itulah tips dari saya tentang cara memilih gitar yang berkualitas bagus , semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat – sobat pecinta musik.

Cara Memilih Gitar Yang Bagus dan Berkualitas | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*