Cara Menganti Fret Gitar Akustik dan Gitar Elektrik Sendiri

Cara Menganti Fret Gitar Akustik dan Gitar Elektrik Sendiri Hallo sobat, ketemu lagi nih dengan saya hehehe. Nah sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang “ cara membedakan gitar yamaha yang asli dan yang palsu’’ nah kali ini saya akan berbagi tips yaitu gimana sih cara mudah menganti fret gitar akustik dan gitar elektrik sendiri. Sebelum masuk ke inti permasalahan silakan simak sedikit penjelasan yang ada dibawah ini.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

 Fret Gitar

Cara menganti fret pada gitar akustik dan elektrik sendiri – Gitar adalah salah satu jenis alat musik yang banyak digemari oleh para penggemar musik diseluruh dunia. Gitar merupakan gitar yang paling banyak dipelajari semua orang dari berbagai kalangan. Gitar menurut definisinya adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, dan biasanya menggunakan jari maupun plektrum. Secara umum gitar terbagi menjadi dua jenis yaitu gitar akustik dan gitar listrik.

Salah satu gitar yang paling banyak diminati adalah gitar akustik. karena jenis gitar akustik ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki gitar listrik yaitu mudah untuk dibawah kemana-mana karena tidak membutuhkan kabel penghubung untuk menghasilkan suara. Dan ciri khas dari gitar akustik ini yaitu bagian badan yang berlubang (hollow body) dan dapat menghasilkan bunyi atau suara yang indah. Bunyi dari gitar akustik dihasilkan dari getaran senar yang mengalir antara tulang leher ( nut) dengan jembatan (bridge) yang kemudian diperkuat oleh bagian bagian badan gitar yang bertindak sebagai lubang resonansi.

Namun kualitas dari gitar akustik ini berbeda-beda, tergantung dari bahan keahlian pembuatanya. Gitar akustik dan gitar elektrik yang bagus mempunyai beberapa bagian yang harus anda perhatikan, seperti pada fret gitar yang bagus maka suara yang dihasilkan akan sangat merdu dan juga sebaliknya jika fret gitar tidak rata maka suara yang dihasilkan akan fals tidak enak untuk didengar. Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan informasi cara menganti fret pada gitar akustik dan gitar elektrik tapi sebelum itu simak dahulu penjelasan tentang fret pada sebuah gitar.

Baca Juga : Daftar Harga Pick Up Gitar Dimarzio

Selain senar gitar, fret Adalah bagian sangat terpenting pada sebuah gitar. Fret berfungsi untuk menentukan tinggi rendahnya nada yang dihasilkan oleh senar, dan juga sebagai pembatas pada neck dan untuk menentukan sebuah nada pada gitar. Sehingga perpaduan antar nada akan menghasilkan suara yang enak didengar. Namun pemakain gitar dalam kurun waktu yang lama pasti akan membuat atau mengakibatkan pengikisan pada freet gitar, karena jarak fret gitar terlalu sempit sehinga gesekan antara logam fret dengan senar yang terus menerus mengakibatkan fret gitar yang semakin menipis. Terlebih jika anda seorang gitaris blues atau rock yang hobi dengan teknik gitar banding. Namun bagaimana kalau fret gitarnya rusak atau terkikis? Ini bisa menyebabkan suara gitar berubah yang tadinya bagus jadi fals karena ketika senar ditekan bisa bertabrakan dengan fret lainya yang seharusnya tidak boleh untuk bersentuhan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? nanti dibawah akan dijelaskan.

Sebelum mengetahui fret sudah mengalami penipisan ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertanda yaitu. Suara senar pada letak fret tertentu tidak keluar bahkan tidak bisa bergetar sama sekali, hal ini diakibatkan karena getaran senar yang dipetik dan ditekan pada suatu fret yang sudah menipis akan tertahan oleh fret yang berada dibagian dalam. Saat memainkan kunci/acord gitar maka suaranya menjadi fals karena beberapa senar tidak berbunyi. Saat memainkan melodi ada senar yang suaranya kecil. Maka dari situlah anda mengetahui bahwa fret anda waktunya untuk diganti.

Berikut ini kami akan memberikan cara menganti fret pada gitar akustik dan elektrik sendiri.

  1. Melepaskan stang pada bodi gitar. Untuk melepaskan stang pada body gitar atau badan gitar maka kita harus melepaskan dahulu ke empat sekrup yang terletak dibelakang badan gitar, dan sekrup inilah yang merekatkan stang gitar dengan badan gitar. Untuk melepaskanya gunakan obeng plus yang agak besar dan yang kokoh.
  2. Cabutlah freet yang memang benar-benar sudah tipis karena tidak semua fret yang terpasang pada gitar itu menipis. lepaskan fret dari stang gitar dengan mencongkelnya sedikit demi sedikit dengan obeng minus yang berukuran kecil, dan awalilah mencongkel dari arah pinggiran stang bukan dari tenggah.
  3. Bila seluruh fret yang tipis sudah telepas dari stang gitar maka tahapan selanjutnya adalah mengisi tempat bekas fret dengan menggunakan lem kayu, tapi sebelum memberikan lem kayu sebaiknya dibersihkan dahulu bekas fret yang telah dicabut mungkin ada sisa kotoran yang masih menempel.
  4. Setelah lubang tempat fret dipenuhi lem kayu maka langkah yang selanjutnya adalah memasukan fret-fret baru kedalam tempat fret yang telah diberi lem kayu tersebut. Masukan dengan hati-hati satu persatu agar letaknya pas, kemudian kalau sudah pas tekan penuh sampai masuk kedalam lubang buaya, hehehe,, maksud aku lubang fret. Agar seluruh fret tertanam dengan baik maka pukulah fret menggunakan kayu secara hati-hati. Lalu diamkan fret tertanam minimal sehari atau dua hari lah agar lem kayu mengering dengan kuat.
  5. Setelah lem sudah benar-benar mengering maka langkah yang selanjutnya adalah meratakan fret yang telah terpasang, untuk mengetahui apakah fret gitar yang terpasang terlihat rata maka kita harus mencobanya dahulu dengan membentangkan seutas tali yang ditarik lurus diatas fret dari ujung, bila fret yang terpasang terlalu tinggi maka kita dapat menurunkanya kembali fret tersebut dengan cara dikikir sedikit demi sedikit sampai seluruh fret tampak rata.
  6. Dan langkah yang selanjutnya adalah memasang stang kembali ke badan gitar dengan memasang kembali ke empat sekrup yang terlepas. Lalu pasang kembali senar pada gitar. Gitar pun siap untuk dimainkan kembali
Baca Juga : 10 Harga Amplifiers Gitar Murah Dibawah Satu Juta

Jika masih tidak bisa menganti sendiri anda juga bisa langsung membelinya ditoko-toko alat musik dekat rumah anda harga fret gitar sangat bervariasi yang mahal ada dan yang murah juga ada kok semua itu tergantung dari tingkat kesulitan dalam membuatnya.

Itulah sedikit ulasan dari saya semoga artikel diatas dapat membantu sobat semua dalam Menganti Fret Gitar Akustik dan Gitar Elektrik Terimah kasih………….

Cara Menganti Fret Gitar Akustik dan Gitar Elektrik Sendiri | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*