Ciri-Ciri Musik Modern Masa Kini

Ciri-Ciri musik Modern – Bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai ciri-ciri musik modern berikut ini akan kami sajikan sebuah artikel yang akan mengulas lengkap tentang ciri-ciri dari musik modern. Kami yakin bahwa anda pasti pernah mendengarkan sebuah alunan musik, bahkan mungkin itu setiap hari kamu selalu memutar lagu-lagu favorit. Mungkin itu salah satu alasan mengapa orang-orang sering memutar musik karena salah satu manfaat musik dan fungsi musik adalah membuat perasaan pendengarnya merasa akan senang dan sangat terhibur. Untuk anda yang belum mengetahui tentang pengertian musik, berikut ini akan kami jelaskan untuk anda.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂
Ciri-Ciri Musik Modern

Ciri-Ciri Musik Modern

Pengertian Musik

Musik adalah Suara yang telah disusun sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan irama, lagu dan keharmonisan terutama dari segi suara yang dihasilkan oleh alat-alat yang dapat menghasilkan irama tersebut. Walaupun musik adalah sejenis fenomena institusi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkan dalam bentuk seni yang berupa suara. Menurut beberapa para ahli ada yang mengatakan bahwa musik merupakan kesenian sekaligus sarana hiburan bagi semua orang yang tercipta dari suara atau bunyi-bunyian yang disusun sedemikian rupa dan menghasilkan suara yang enak untuk didengar. Secara umum musik terbagi menjadi dua jenis yaitu musik modern dan musik tradisional keduanya memiliki perbedaan yang signifikan bisa kita kenali berdasarkan ciri instrumen yang digunakan serta lagu yang dibawakan. Dari kedua jenis musik tersebut kami akan membahas salah satunya yaitu musik modern. Apa itu musik modern? Apa saja ciri-ciri musik modern? Silakan simak penjelasanya yang ada dibawah ini.

Musik Modern adalah Musik yang sudaah mendapat sentuhan – sentuhan teknologi baik dari segi instrumen maupun dalam bentuk penyajianya, musik modern ini selalu berkembang dan selalu ada pembaharuan seiring dengan berkembangnya zaman. Musik modern ini bersifat Universal serta menyeluruh, sehingga semua orang bisa saja mengerti, memahami dan menikmati musik modern tersebut. Berebeda dengan musik tradisional, musik modern ini tidak lahir dari suatu tradisi masyarakat tertentu , tetapi musik ini dibangun berdasarkan suatu aturan komposisi yang jelas. Seperti sistem notasi, tangga nada yang jelas, tekxtur yang lengkap dan instrumen yang telah dikenal luas dan sangat mudah untuk dipelajari bagi semua orang. Selain itu musik modern itu bersifat terbuka, artinya komposisi dan gaya musik ini sangat begitu dipengaruhi oleh berbagai pengalaman dari musikal para musisi dari suatu masa. Kritik terhadap suatu komposisi tertentu menjadi suatu hal yang biasa dilakukan, sehingga tidak heran apabila suatu komposisi atau gaya musik tertentu menjadi hilang atau ditingalkan oleh masyarakat dan diganti dengan gaya musik yang lain.

Ciri Khas Dari Musik Modern

  1. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Nasional.
  2. Iringanya sudah menggunakan alat musik modern.
  3. Ada banyak sentuhan teknologi yang dianggap pantas lebih beradap dan lebih maju.
  4. Tempo dalam musiknya lebih cepat.
  5. Sebagai sarana aktualisasi diri.
  6. Sebagai sarana ekonomi.

Jenis-Jenis Musik Modern

 1. Musik Jazz.

Dikembangkan pertama kali orang-orang dari Benua Amerika dan Benua Afrika pada sekita awal abad ke 20 di New Orleans, Amerika Serikat. Ciri utama dari musik aliran ini adalah bentuk improvisasi dengan aturan-aturan dan gaya yang sudah mereka pilih. Untuk ciri-ciri selanjutnya nanti kita akan bahas pada arikel yang lain.

2. Musik Rhythm and Blues (R & B).

Musik ini terdiri dari bebrbagai jenis musik populer yang sangat begitu terkait. Musik R&B terdiri dari genre-genre seperti soul, funk, disco dan rap. Saat ini musik jenis ini mengandalkan atau lebih mengutamakan kemampuan improvisasi melodi dari vokalisnya dengan harmonisasi yang progresif dari bunyi-bunyi instrumen musiknya.

3. Musik Pop.

Musik populer ini memiliki 2 makna yaitu. Yang pertama, musik-musik yang sedang disenangi atau dikagumi oleh masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Yang kedua, sebuah aliran atau gaya tertentu seperti halnya aliran musik lainya. Dalam hal ini musik pop memiliki beberapa karateristik yang berbeda dengan jenis aliran musik lainya. Untuk mengenai ciri-ciri dari musik pop akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

4. Musik Rock.

Musik rock zaman sekarang jauh lebih simpel dibanding dengan era-era yang sebelumnya, untuk ciri-ciri dari musik rock ini sudah pernah kita bahas pada arikel kami yang sebelumnya.

5. Musik Country.

Musik ini sering disebut juga Country and Western, yang merupakan salah satu jenis genre besar pada musik populer terutama di negara Amerika Serikat. Jenis musik modern ini bersumber dari musik rakyat (folk song) atau musik tradisional yang berasal dari Appalachia dikawasan pegunungan selatan di negara Amerika Serikat. Cikal bakal musik ini adalah dari lagu-lagu rakyat yang dibawa nenek moyang mereka para imigran dari daerah kepulauan Inggris. Jauh sebelum adanya sebuah industri musik maupun media elektronika, para imigran tersebut telah terbiasa menghibur diri dengan menyanyikan lagu-lagu tersebut lengkap dengan iringan musik dan tari-tarianya. Ciri khas dari musik Country ini adalah penggunaan alternasi bass atau bas berganti disela-sela strumming. Bila memainkan akor C misalnya, maka bas C dan G dibunyikan bergantian dengan strumming tetap pada akor C. Di Indonesia sendiri musik ini telah masuk pada sekitar awal tahun 1980-an.

Alat Musik Tradisional Indonesia

Nah, Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri musik modern yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan anda dalam seni musik yang ada di dunia ini. Terimah kasih.

Ciri-Ciri Musik Modern Masa Kini | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*