Inilah Ciri Khas Musik Tradisional Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri Khas Musik Tradisional – Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa, sehingga menghasilkan irama, lagu dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan oleh alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah adalah sejenis fenomena institusi untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkan dalam bentuk seni suara yang dihasilkanya.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Dalam dunia musik, musik ini terbagi dlam 2 jenis yaitu musik modern dan musik tradisional. Ciri-ciri dari ke dua jenis musik tersebut sangatlah berbeda. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas ciri-ciri musik tradisional dahulu, untuk ciri-ciri musik modern akan kami bahas pada artikel yang selanjutnya. Apa sajakah ciri khas musik tradisional? Silakan anda simak penjelasan yang ada di bawah ini terlebih dahulu.

Musik tradisional adalah musik atau seni suara yang terdapat diberbagai daerah yang ada di di Negara tersebut dan yang lahir, berkembang dan diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi yang selanjutnya. Musik tradisional tersebut biasanya menggunakan bahasa, gaya, jenis alat musik dan tradisi khas dari daerah setempat. Contohnya di negara kita sendiri, hampir diseluruh wilayah yang ada di Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut bisa dilihat dari teknik permainanya, penyajianya maupun dalam bentuk atau organologi instrumen musiknya.

Hampir seluruh seni tradisional yang ada di Indonesia mempunya jiwa dan semangat kolektivitas yang tinggi, sehingga dapat dikenali karakter yang khas dari orang atau masyarakat Indonesia, yaitu ramah dan sopan seperti yang ada di Jawa Tengah. Namun berhubung dengan perjalanan waktu dan semakin ditingalkanya spirit atau jiwa dari seni tardisi tersebut, karakter masyarakat Indonesia semakin berubah dari sifat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan yang indah menjadi dengan nilai individual atau egoistis. Begitu banyaknya seni tradisi yang dimiliki oleh Negara Indonesia, maka untuk lebih mudah mengenalinya dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok alat musik untuk memainkan atau mengiringi musik tradisional tersebut. Yaitu instrumen perkusi, tabuh, petik dan gesek.

Ciri Khas Musik Tradisional

Ciri Khas Musik Tradisional

Secara umum terdapat beberapa jenis ciri khas yang ada pada musik tradisional. Dari beberapa ciri khas yang ada pada musik tradisional tersebut telah dikelompokan menjadi 7 bagian penting. Dan diantaranya adalah :

1. Tidak Memiliki Notasi.

Musik tradisional ini dalam proses pembelajaranya berlangsung secara lisan dan membuat partitur atau naskah musik menjadi satu hal yang diangap tidak terlalu begitu penting. Dengan demikina sangat lazim ketika musik tradisional disetiap daerah tidak memiliki partitur notasi tertentu.

2. Dapat Dipelajari Secara Lisan.

Sebagai bagian dari suatu kebudayaan, musik daerah tersebut diwariskan secara turun temurun. Dalam proses pewarisan musik tradisional ini biasanya dilakukan secara lisan. Para generasi terdahulu telah mengajarkan komposisi musik daerah kepada generasi muda supaya para generasi mudah itu meneruskan kepada anak-anak mereka selanjutnya. Demikian sampai seterusnya, sehingga tradisi musik tersebut tetap akan dikenal oleh masyrakat. Orang yang telah mahir memainkan instrumen musik tradisional atau terampil menyanyikan lagu-lagu daerah akan memberikan satu contoh kepada pengikutnya untuk kemudian diterapkan. Dan orang yang mau beljar harus menghapalkanya tanpa catatan, dengan berlatih terus menerus akan lebih banyak lagi menguasai musik tradisional.

3. Bersifat Informal.

Secara umum musik tradisional ini digunakan sebagai suatu bentuk ekpresi dari masyarakat. Dengan demikian, keberadaan musik tradisional ini kebanyakan digunakan dalam kegiatan kerakyatan contohnya upacara tradisi dari daerah tersebut. Sehingga musik tradisional ini dapat dikatakan bahwa musik ini bersifat lebih sederhana dan informal. Dan ketika musik ini dimainkan ditempat yang mewah, seperti istana kerajaan, hotel-hotel yang berbintang maka keberadaanya akan menjadi kompleks dan formal.

4. Syair dari Lagunya Menggunakan Bahasa Daerah.

Selain syair yang menggunakan bahasa dari daerah tersebut, musik tradisional ini juga menggunakan alunan melodi dan irama yang menunjukan kesederhanaan. Misalnya syair lagu dari daerah Jawa, alunan melodinya pun menggunakan nada-nada dari tangga nada pelog dan slendro. Cotoh lainya adalah syair lagu dari daerah Jakarta umunya menggunakan bahasa Betawi dan alunan melodinya tersususn atas tangga-tangga nada diatonis.

5. Pemainya Tidak Tersepesialisasi.

Sistem yang dikembangkan dalam proses belajar instrumen musik daerah biasanya bersifat generalisasi. Orang yang memainkan musik tradisional ini belajar untuk dapat memainkan setiap instrumen yang ada dalam satu jenis musik daerah. Mereka akan terus belajar memainkan jenis instrumen musik tradisional mulai dari yang termudah sampai dengan yang terumit. Jadi, pemain musik daerah yang mahir pasti mempunyai kemampuan untuk memainkan semua instrumen musik tersebut.

6. Merupakan Bagian Dari Budaya Masyrakat.

Musik tradisional merupakan salah satu bentuk krbudayaan yang berkembang di dalam kehidupan masyrakat daerah tersebut. Oleh karena itu, setiap ciri kebudayaan masyrakat daerah tersebut sang penciptanya pasti sudah melekat erat didalamnya. Melalui musik daerah, kita dapat mengenali daerah asal musik itu dan ciri budaya masyarakatnya. Misalnya saja, ketikan kita mendengarkan permainan gamelan Jawa, kita langsung mengetahui kalau itu adalah musik dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan bukan dari Sunda. Kita bisa mengenalinya lewat karakter dari permainan gamelan tersebut dari segi suara, irama dan lagu yang dihasilkanya.

7. Lebih Melibatkan Alat Musik Daerah.

Umumnya permainan musik dalam lagu-lagu daerah di Indonesia dibawakan dengan alat-alat musik khas dari daerah-daerah itu sendiri. Contohnya lagu-lagu daerah Sulawesi Utara umunya diiringi alat musik tradisional khas Sulawesi Utara, yaitu kolintang.

Dari pengertian dan ciri khas musik tradisional tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa musik tradisional itu cenderung bersifat eksklusif. Yang artinya musik ini dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat di luar kebudayaan yang melahirkan musik tersebut.

Alat Musik Tradisional Indonesia

Nah, Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai ciri khas musik tradisional yang dapat kami simpulkan untuk anda semua. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan bagi anda semua. Terimah kasih.

Inilah Ciri Khas Musik Tradisional Yang Perlu Anda Ketahui | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*