Mengenal Musik Pop Indonesia

Mengenal Musik Pop Indonesia Hai, semuanya. Apa kabar? Yang pasti baik-baik aja ea. Pada artikel sebelumya kita sudah pernah membahas ciri-ciri musik Rock, ciri-ciri musik dangdut dan ciri-ciri musik jazz. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang Musik Pop Indonesia. Buat anda yang tiap harinya sering atau bahkan setiap saat memutar lagu-lagu pop karya anak bangsa , anda wajib menyimak artikel ini mengenai musik pop.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Pengertian Musik Pop 

Musik pop (popular), sangatlah di gemari, dan disenangi masyarakat. Musik pop dalam arti luas berarti musik yang lagi digemari di masyarakat dalam kurun waktu yang tertentu. Jenis musik ini tidak begitu tahan lama, mudah untuk menghilang dan berganti lagi dengan lagu yang baru. Proses dalam menciptakanya pun biasanya jarang menggunakan bentuk komposisi (tertulis), bentuk lagu, lirik, progresi chord, aransemen biasanya juga sangat sederhana, mudah diingat dan sifatnya sangat menghibur. Beberapa para ahli juga mengatakan bahwa musik pop (istilah yang pada awalnya berasal dari sebuah singkatan “populer” ) adalah sebuah genre musik dari musik populer yang berasal dari bentuk modern pada tahun 1950 an, yang berasal dari Rock and Roll.

Istilah musik populer dan musik pop biasanya sering digunakan secara bergantian, meskipun dalam bentuk pertama adalah deskripsi musik yang sangat populer (dan dapat termasuk gaya apapun) sedangkan dalam bentuk yang terakhir adalah sebuah genre tertentu yang banyak mengandung kualitas daya tarik massa. Sebagai genre, musik pop ini sangat ekletik, sering meminjam elemen dari gaya-gaya lain termasuk urban, rock, dance, latin dan country. Musik pop ini umunya diangap sebagai sebuah genre yang sangat komersial dicatat dan keinginan untuk memiliki daya tarik audiens masa.

Musik Pop Indonesia

Definisi Musik Pop

David Hatch dan Stephen Millward mendefinisikan musik pop ini sebagai dari a body of music which is distinguishable from popular, jazz and folk music” (sejenis musik yang dapat dibedakan dari berbagai jenis musik seperti populer, jazz dan folk). Meskipun musik pop sering dilihat sebagai musik yang berorientasi pada tangga lagu (tangga singel), namun tidak semua musik dalam tangga lagu adalah musik pop. Melainkan banyak dari berbagai macam aliran seperti klasik, jazz, rock dan novelty song yang memiliki orientasi tangga lagu yang sama. Musik pop sebagai genre biasanya diangap sebagai genre yang ada dan berekembang secara terpisah. Dengan demikian musik pop dapat digunakan untuk mengambarkan sebuah genre terpisah, yang ditujukan untuk target usia muda, dan sering dianggap sebagai alternatif yang lebih lembut dari rock and roll.

Sejarah Musik Pop

Musik pop telah menjadi industri menguntungkan di negara Amerika Serikat sejak abad ke-19. Pada akhir periode 1950-an muncul lagi genre pop/rock sesudah memudarnya era rock and roll. Pop pada tahap awal dipengaruhi oleh susunan gaya dan beat rock and roll (kadang-kadang doo-wop), tapi tidak begitu terlalu keras seperti rock and roll. Menjelang berakhirnya tahun 1960-an, genre pop/rock mulai dipengaruhi psikedelik dan blue-eyed soul.

Perkembangan Musik Pop

Musik popular dunia mulai berkembang pesat sejak munculnya berbagai kelompok musik yang sangat fenomenal yaitu The Beatles, dari Inggris sekitar tahun 1960 an. Begitu juga dengan negara kita, sangat terpengaruh oleh kelompok yang satu ini sehingga bermunculan berbagai kelompok-kelompok musik seperti : koes bersaudara (Koes Plus), dara puspita, the singer, atau dari penyanyi solo seperti : ramhat kartolo, ernie johan, titik sandhora dll. Kemudia di era tahun 1970 an, muncul lagi generasi seperti : D’Loyd, the mercys, Aka, Panbers, Fafourite Group, god bless, dll.

Menginjak tahun 1980 an ada perubahan besar dalam musik pop terbaru, yang di motori oleh Ebiet GAD, menjadikan musik ini menjadi naik kelas, dari kalangan pinggiran dihujat sebagai musik kampungan menjadi musik yang sangat fenomenal yang dapat diterima secara baik oleh masyarakat luas, bahkan sampai sekarang sudah bisa diterima dikalangan elite sebagai hiburan yang sangat bergengsi. Pada era ini bermunculan penyanyi—penyanyi seperti : Dian Pishsa, Betharia Sonata, Iwan Fals, Dedy Dodes, Endang S Taurina dll. Memasuki tahun 1990 an musik popular banyak sekali ragamnya, jenis – jenis irama musik banyak bermunculan dan sesekali di padu / kolaborasi sehingga memunculkan style – style yang baru seperti pop dangdut, jazz pop, disco remix, reggae dut, jazz rock, pop kreatif dsb. Memunculkan banyak lagi group-group dan penyanyi baru yang langsung terkenal di jamannya seperti : Java Jive, Krakatau, Trio Libels, Tri Utami, Elfas Singer, dan masih banyak lagi lainya. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, ini juga sangat mempengaruhi pada musik jaman ini, pengaruh pengaruh seperti apakah yang dapat kita cermati sehubungan dengan perkembangan teknologi ini. Setelah mengetahui semua penjelasan, sejarah, perkembangan tentang musik pop, sekarang anda juga harus mengetahui ciri-ciri dari musik pop ini, dan ciri-cirinya antara lain :

Ciri-Ciri Musik Pop

Melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik, fleksibel dan mudah dipadukan dengan dengan jenis lain, lagu mudah disenandungkan dan mudah dipahami, harmoni tidak rumit, tempo bervariasi. Musik pop ini merupakan musik yang paling banyak memiliki peminat. Dan musik pop ini juga memiliki ciri khas berupa musiknya yang mudah untuk didengar dan memiliki lirik yang komersial. Selain sederhana dalam lirik dan musik yang cenderung bertemakan hal-hal komersial, keistimewaan lain dalam musik Pop adalah penggunaan berbagai inovasi teknologi untuk menunjang musiknya.

Jenis-Jenis Musik Pop:

  • Musik pop standart.
    Ciri-ciri pop standart ini antara lain, yaitu : melodi mudah diterpakan diberbagai karateristik lirik, sangat fleksibel jika dipadukan dengan jenis style lain, lagu pada umunya mudah disenandungkan dan mudah untuk diserap, harmoni tidak terlalu rumit dan tempo sangat bervariasi.
    Contoh lagu popular standar: Mungkinkah, Widuri (krisna Biantor), Kupu-Kupu Malam, Marilah Kemari (Titik Puspa).
  • Musik pop kreatif.
    Musik pop yang memiliki keunikan ritme, melodi, harmoni, instrumen, dinamik, gaya dan lirik.
    Contoh lagu popular kreatif: karena wanita ingin dimengerti (ada band), Hampa, Arti cinta, Penjaga hati (Ari Lasso).
  • Musik pop balada.
    Ciri-ciri musik pop ini yaitu, antara lain: mirip dengan musik pop, tempo lambat dan sedang, pola melodi bervariasi karena dibuat untuk kepentingan liri, lirik cenderung expresiv.
    Contoh lagu popular balada: Bento, Wakil rakyat, Umar Bakri, Bongkar (Iwan Fals), Kupu-Kupu kertas, Camelia (Ebiet G Ade).

Nah, Itulah ulasan mengenai Musik Pop Indonesia, walau pada perkembanganya musik ini terus berkembang dan sangat bervariasi namun ciri-ciri yang ada pada musik pop semuanya sama seperti yang kami jelaskan tadi diatas. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk pembaca tentang musik pop. Terimah kasih ….

Paling Banyak Dicari : Harga Alat Musik

Mengenal Musik Pop Indonesia | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*