Tips Jitu Mengatasi Suara Gitar Fals Di 12 Fret Terakhir

Tips Mengatasi Suara Gitar Fals Di 12 Fret Terakhir Jumpa lagi diblog sederhana kami yang selau memberikan informasi menggenai berbagai jenis alat musik, Semoga sobat semua tidak bosan ya,, hehehe . Memiliki gitar yang bersuara bagus merupakan suatu keinginan bagi setiap orang yang mempunyai gitar. Seorang pemain gitar yang telah menjadikan gitar sebagai teman hidupnya tidak akan rela jika gitar yang dimiliki bersuara fals. Oleh sebab itu saya akan memberikan Tips Mengatasi Suara Gitar Fals Di 12 Fret Terakhir. Sebelum ke inti dari artikel ini silakan anda simak penjelasan yang ada dibawah.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Gitar merupakan alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Terbuat dari kayu dengan beberapa bagian dari logam, terdapat 6 senar untuk dimainkan. 6 senar tersebut terikat pada pegs / pemutar senar. Pegs digunakan untuk tuning, dan suara gitar mampu menghadirkan suasana yang romantis sehinga tidak heran jika gitar menjadi alat musik yang sangat populer diberbagai belahan dunia. Di indonesia jenis alat musik ini memang benar-benar populer dikalangan masyarakat, terutama pemuda dan remaja baik laki-laki maupun perempuan. Bagi orang yang hobi bermain gitar belumlah lengkap jika belum memiliki alat musik gitar.

Tips atasi gitar selalu fals

Tips Mengatasi Suara Gitar Fals Di 12 Fret Terakhir

Gitar seperti standar bermusik bagi para musisi musisi terkenal. Secara umum gitar terbagi menjadi dua jenis yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Salah satu gitar yang paling banyak diminati adalah gitar akustik. karena jenis gitar akustik ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki gitar listrik yaitu mudah untuk dibawah kemana-mana karena tidak membutuhkan kabel penghubung untuk menghasilkan suara. Dan ciri khas dari gitar akustik ini yaitu bagian badan yang berlubang (hollow body) dan dapat menghasilkan suara atau bunyi yang nyaring.

Baca Juga : Harga Senar Gitar Yamaha Terbaru

Bunyi dari gitar akustik dihasilkan dari getaran senar yang mengalir antara tulang leher (nut) dengan jembatan (bridge) yang kemudian diperkuat oleh bagian bagian badan gitar yang bertindak sebagai lubang resonansi. Namun kualitas dari gitar akustik ini berbeda-beda, tergantung dari bahan keahlian pembuatanya. Tapi sangat disayangkan bukan jika gitar yang kita miliki bersuara fals. Mungkin sekali pada saat anda pertama kali mulai memaninkan gitar, timbul pertanyaan mengapa gitar aku kok selalu fals di 12 fret terakhir. Dan sering kali membuat anda binggung dan kesal. Bagi pemain profesional mungkin akan sangat mudah untuk menjawabnya, namun bagi para pemula yang baru belajar bermain gitar pasti bisa akan sangat membuat pusing kepala.

Masalah yang menyebabkan gitar yang selalu fals di akhir fret 12 – Sebenarnya masalah ini masih bisa diatasi dengan cara yang cukup sederhana, tapi anda harus paham dahulu karakter dari gitar yang akan kalian miliki, karena ada banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut pada gitar elektrik maupun gitar akustik seperti leher/nek gitar yang bengkok/melengkung, jarak senar dengan fret dll. Perlu anda ketahui didalam dunia gitar, ada banyak jenis settingan, termasuk settingan intonasi, artinya dimana kita harus menyesuaikan nadayng paling dekat dengan leher/neck gitar sampai yang paling jauh sehingga nada yang dihasilkan oleh gitar tetap “ngetune’’. Dan untuk mengatasi masalah ini yang harus diperhatikan sebelum melakukan perbaikan pada inti permasalahan yang menyebabkan gitar selalu fals dibagian akhir fret 12.

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa neck atau leher gitar anda dalam kondisi yang normal atau tidak bengkok. Cara memperbaiki gitar bengkok juga akan dibahas tapi tidak pada artikel yang ini. Biasanya kebanyakan yang terjadi pada gitar yang tidak bisa akurat dalam hal tuningnya itu disebabkan karena leher gitar yang bengkok. Sehingga jarak senar dan terhadap tuts menjadi jauh, sehingga bukan tidak mungkin bahwa ketika senar ditekan, nada yang dihasilkan pada senar tersebut akan bertambah tinggi nadanya, dan akhirnya membuat nada menjadi tidak normal dan itu menjadi penyebab senar gitar keras. Maka percuma saja kita melakukan setting, sedangkan gitar anda dalam kondisi yang kurang normal.
  • Dan pastikan juga bahwa jarak senar dengan neck gitar tidak terlalu jauh, karena hal itu sangat memperngaruhi kualitas not yang dihasilkan. Tapi jangan terlalu rendah juga karena itu bisa menyebabkan freet buzz, cara memperbaiki fret gitar yang buzz yaitu setting yang sewajarnya saja. Dan idealnya jarak senar dengan neck kurang lebih 4,5 mmdan itu adalah tunning yang standart.

Jadi pastikanlah hal tersebut terlebih dahulu sebelum kita melakukan seeting intonasi pada gitar sahabat, jika memang sudah dirasa normal. Sekarang kita langsung saja, untuk melakukan setting intonasi.

Caranya:

  1. Cukup dengan menggeser sadle gitar (tempatnya kita memasukan senar) dengan sedikit catatan “ jika nada yang dihasilkan terlalu tinggi maka geser sadlenya menjauh dari pick up. Begitu juga dengan sebaliknya, jika nada yang dihasilkan rendah, maka geser sadle lebih mendekat ke pick up’’.
  2. Dan langkah yang selanjutnya, jika sudah coba lakukan tunning. Kemudian tekan pada kolom no 12, jika nadanya sudah menjadi E, maka gitar anda sudah dalam intonasi yang tepat. Namun jika semua langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, bila masalah gitar yang selalu fals di 12 fret terakhir seperti diatas masih saja muncul. Anda tidak perlu panik, sebaiknya berkonsultasilah dengan yang ahlinya.
Baca Juga : Daftar Harga Gitar Akustik Yamaha Beserta Spesifikasi Lengkap

Demikianlah sedikit informasi dan tips dari kami mengenai cara mengatasi gitar selalu fals di 12 fret terakhir yang bisa saya sampaikan kepada anda. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda yang sudah membacanya dan dapat langsung diterapkan.

Terimah kasih….

Tips Jitu Mengatasi Suara Gitar Fals Di 12 Fret Terakhir | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*