12 Tips Merawat Gitar Bass Yang Baik Agar Tetap Prima

12 Tips Merawat Gitar Bass Yang Baik Agar Tetap Prima – Memiliki gitar bass yang bagus dan tahan lama merupakan suatu keinginan bagi setiap orang yang mempunyai gitar bass. Seorang pemain gitar bass yang telah menjadikan gitar sebagai teman hidupnya tidak akan rela jika gitar bass yang dimiliki mudah rusak dan tidak bertahan lama. Masalah yang sering timbul pada gitar bass biasanya adalah Freeting atau Buzzing. Hal ini disebabkan karena faktor seperti frett aus (tidak rata lagi) dan ada juga karena freet lepas (ngangkat) yang menyebabkan permainan anda jadi tergangu dan tidak enak didengar oleh orang.

Welcome to hargaalatmusik.info

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

tips merawat gitar bass

Masalah yang timbul juga biasanya dari bagian – bagian bass kadang ada yang berubah dari posisinya atau berubah bentuk. Dalam hal ini yang penting adalah senar karena senar dapat putus dan berkarat yang membuat suara bass itu sedikit tidak enak untuk didengar. Tapi bukan berarti fokus pada senar saja, melainkan juga harus memperhatikan bagian lainya seperti neck, bodi, tuner, pick up dan lain sebagainya. Dalam hal ini diperlukan perawatan yang rutin satu bulan sekali atau dua kali. Jangan merawat pacarnya orang saja,, hehehehe !!!. Posisi menaruh bass juga jangan sembarangan karena dapat membengkokkan neck pada gitar bass tersebut. Agar performa gitar itu tetap bagus dan prima ada beberapa tips untuk merawatnya.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Gitar Akustik Yamaha C80

Berikut ini akan kami sajikan sedikit informasi mengenai 12 tips perawatan gitar bass yang baik agar tetap prima.

  1. Selalu bersikan senar setiap selesai bermain dan saat mau bermain bass. Dan kalau bass tidak terpakai usahakan senar bassnya dibersikan 2 atau 3 kali seminggu. Jangan sentuh senar bass saat jari tangan anda dalam kondisi basah karena akan mengakibabtkan senar cepat berkarat. Dan kalau sudah berkarat gantilah senarnya dengan yang baru.
  2. Apabila malas beli senar baru kalau suara senar sudah berubah bisa juga dibersikan. cara membersikan senar gitar yaitu, rebuslah senar dengan air mendidih selama kurang lebih 10 menit lalu keringkan. Hal ini dapat membuat suara senar menjadi lebih bright atau seperti baru kembali.
  3. Bersikan hardwaernya, seperti bagian tuning machine, nut, pin tali. Menggunakan cairan yang biasanya digunakan pada gitar akustik yaitu cairan pembersih gitar akustik atau minyak anti karat, oli supaya tidak karatan dan saat stem tune nya tidak seret.
  4. Aturlah bridge suapaya gitars bass kalian tidak fals. Kalian perlu memperhatikan tuning bridge pada gitar bass anda apakah kondisinya baik dn benar. Jika gitar bass kalian fals yang disebabkan oleh bridge cara mengatasinya dengan menggeser bagian bridge kedepan atau kebelakang. Cara melihatnya pun harus dengan mengunakan tuner apakah masih fals atau tidak.
  5. Bersihkan fret dan fingeboard / papan fret. Pertama – tama kendorkan senar dulu agar mudah dalam mengerjakanya. Bersihkan dengan kain yang sedikit basah dengan mengunakan cairan pembersih gitar, lakukan seminggu maksimal 2 kali atau 3 kali juga boleh, supaya tidak korosi.
  6. Cek neck / stang yang ada pada gitar bass apakah bengkok. Jika bengkok aturlah besi pada neck tersebut dengan menggunakan kunci L atau serviskan ke reparasi gitar. Jika ingin meluruskan stang gitar ini sendiri ada seh caranya tapi resikonya sangat tinggi sebab buat orang yang belum berpengalaman dalam hal ini bisa membuat neck gitar semakin bengkok, melengkung dan parahnya lagi bisa rusak tapi jika kalian ingin membetulkan sendiri ini dia caranya. Siapkan kuci L karena alat ini yang digunakan jika neck / stang kalian bengkoknya cekung maka hal yang harus dilakukan adalah memutar trus rod dengan kunci L ke arah kanan ( searah jarum jama ) tapi jika bengkoknya cembung maka putarlah truss rod ke kiri ( berlwanan arah jarum jam ), putarlah dengan pelan – pelan saja dan resiko ditanggung sendiri.
  7. Bersihkan bodi bass secara rutin, jika suara gitar bass sudah bagus sekarang ganti penampilanya. Runtilah membersikan bodi, neck, dan kepala gitar supaya terlihat bersih walaupun dalam kondisi tidak terpakai. Saya sarankan bagi anda jangan terlalu sering memakai gitar polish karena dapat mengurangi kualitas suara.
  8. Jangan meletakan gitar itu dalam posisi sembarangan karena bisa membuat neck atau leher pada gitar bass anda jadi bengkong, sebaiknya menaruh dengan posisi yang benar yaitu senar berada diatas jangan ditaruh kebalik.
  9. Simpan gitar dengan aman dan jauhkan gitar ini dari jangkauan anak – anak, sebab anak–anak itu belum mengerti tentang kegunaan benda benda yang ada disekelilingnya. Bisa saja gitar anda dibuat mobil – mobilan oleh adik/anak anda yang yang masih kecil.
  10. Tips merawat bass dengan baik yang kesepuluh adalah dengan cara memainkanya setiap hari atau sesering mungkin. Hal ini sangat dianjurkan agar bass tetap dalam kondisi dengan suara yang baik. Kenapa bisa begitu? Karna gitar bass atau bass elektrik bisa berfungsi dengan maksimal dengan cara dialiri listrik untuk menghidupkan pickupnya. Dalam pickup atau mesin bass ini adalah komponen listrik yang terdiri dari beberapa kumpulan logam, kumparan-kumparan kawat serta magnet. Jika selalu dialiri listrik akan membuat awet magnet yang ada didalam pickup tersebut, sehingga akan terjaga keawetan pickupnya.
  11. Rutin untuk service karena bagian – bagian dalam gitar seperti pickup dan potensio-potensio dalam badan bass lakukanlah minimal setahun sekali untuk pengecekan bagian-bagian tersebut pada ahlihnya agar selalu terpantau kondisi bass anda.
  12. Dan yang terakhir adalah jauhkanlah gitar bass dari tempat-tempat yang lembab karena bisa berkarat.
Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Gitar Akustik Yamaha C330

Sedikit pesa dari saya, “sayangilah gitar anda seperti anda menyayangi pacar anda broo”,,hehehxd …… karna sebuah gitar jika dirawat dan dijaga dia pasti akan setia ( tidak mudah rusak )

Dan itulah beberapa info tentang tips merawat gitar bass yag baik agar tetap prima. Terimahkasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.  Semoga artikel ini sangat membantu anda dalam hal yang sama.

12 Tips Merawat Gitar Bass Yang Baik Agar Tetap Prima | admin | 4.5
/* */
Selamat Datang di HARGAALATMUSIK.INFO

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*